Derots Media

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Touring

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Touring

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Touring

Derots Media – Touring bersama-sama dengan teman memang sangat menyenangkan. Selian bisa melepaskan penat, touring juga bisa digunakan untuk menambah pengalaman. Namun, sebelum itu ada baiknya jika ada beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum touring.

Hal ini sangat penting untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain selama di perjalanan. Terlebih jika melakukan perjalan  panjang. Hal ini tentu sangat berisiko dan perlu persiapan yang matang.

Apa yang Harus Dipersiapkan Sebelum Touring?

Jika Anda termasuk pemula, maka perlu diketahui jika jika selian kesiapan kendaraan masih ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Berikut adalah 5 hal yang harus kamu ketahui sebelum touring bersama dengan teman-teman:

Kondisi Kendaraan

  • Kondisi Kendaraan
  • Mengecek atau periksa kondisi kendaraan sebelum berangkat adalah hal wajib. Agar bisa selamat sampai tujuan, Anda perlu kendaraan dalam kondisi prima. Pastikan sebelum berangkat semua komponen serta berbagai fungsi kendaraan sudah dicek dan diperbaiki agar bisa berfungsi normal.

    Sehat Jasmani dan Rohani

    Pastikan jika kondisi tubuh benar-benar sehat. Ini penting mengingat perjalanannya cukup jauh dan bisa memakan waktu lama. Untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan selama di perjalanan, maka sebelum berangkat sebaiknya siapkan fisik sebaik mungkin.

    Jangan lupa juga untuk menemukan tempat beristirahat selama di perjalanan. Hal ini sangat penting terutama jika Anda menempuh perjalanan jauh. Istirahat yang cukup diperjalanan bisa membantu memulihkan tenaga sehingga Anda bisa melanjutkan kegiatan touring.

    Kenali Rute Perjalanannya

    Memahami rute perjalanan jelas akan sangat membantu dalam meminimalisir risiko kecelakaan selama di perjalanan. Sudah ada banyak kasus kecelakaan dikarenakan pengendara yang tidak paham dengan rute yang dilaluinya.

    Selain bisa mempersiapkan diri dan berhati-hati saat melewati jalan tersebut, Anda juga jadi punya waktu untuk mempersiapkan setelan suspensi kendaraan agar bisa melaju di jalan yang sulit sehingga Anda tetap merasa nyaman meski rute perjalannya cukup ekstrem.

    Mematuhi Aturan Lalu Lintas

    Hal ini jelas tidak boleh dilupakan oleh para rider yang akan melakukan touring. Selain memiliki surat-surat kendaraan yang lengkap dan resmi, Anda juga harus memahami dan mematuhi aturan yang berlaku di jalan raya.

    Selain untuk menjaga keselamatan diri, mematuhi peraturan lalu lintas juga bisa menjaga keselamatan orang lain sesama pengguna jalan raya.

    Pakai Peralatan Keamanan

    Peralatan keamanan selama berkendara kerap disebut dengan riding gear. Peralatan ini biasanya kerap digunakan oleh para pengendara motor. Jika anda ingin touring dengan sepeda motor jenis apapun, maka pastikan jika perlengkapan yang digunakan sudah sesuai standar SNI.

    Dengan memakai riding gear, maka Anda akan lebih terlindungi selam di perjalanan karena peralatan ini bisa mencegah atau meminimalisir luka-luka yang terjadi ketika Anda mengalami kecelakan. Bila perlu, Anda juga bisa membawa peralatan cadangan dan peralatan darurat yang dibutuhkan.

    Peralatan tambahan, seperti kotak P3K tentu akan sangat dibutuhkan pada saat terjadi kecelakaan sehingga akan meningkatkan peluang selamat jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

    Peralatan Tambahan Penting

    Selain perlengkapan penting seperti P3K dan perlengkapan untuk memperbaiki kendaraan, ada beberapa perlengkapan yang tidak kalah penting untuk dibawa selama perjalanan. Sayangnya, perlengkapan ini sering dilupakan oleh para pengemudi karena dianggap remeh.

    Agar tidak kesulitan selama di perjalanan berikut adalah daftar perlengkapan tambahan yang harus dibawa saat touring bersama teman-teman:

    Makanan Berprotein Tinggi

    Saat dalam perjalan jauh sangat penting untuk membawa makanan berprotein tinggi agar Anda tetap bertenaga selama di perjalanan. Selain makanan, jangan lupa untuk membawa bekal air minum yang banyak karena selama touring Anda sangat rawan mengalami dehidrasi.

    Jika Anda malas, maka snack bar yang memiliki protein tinggi atau makanan berbasis daging-dagingan sangat direkomendasikan untuk dibawa. Selain praktis, rasanya juga enak dan yang penting mengenyangkan.

    Ketika Anda tidak menemukan tempat yang bagus untuk beristirahat, Anda bisa memakan bekal protein tinggi serta air minum yang dibawa. Dengan begitu, Anda tidak akan kelaparan di jalan.

    Obat-obatan Pribadi

    Jika Anda atau salah satu rekan touring memiliki penyakit khusus, maka sangat disarankan untuk membawa obat-obatan pribadi untuk berjaga-jaga jika penyakit tersebut kambuh di perjalanan. Selain obat, jangan lupa juga peralatan tambahan seperti senter atau nomor telepon darurat.

    Hal ini sangat penting karena jika terjadi apa-apa selama di perjalanan anda bisa segera mendapatkan pertolongan dengan segera terutama pertolongan medis. Untuk senter, meski terkesan sepele namun saat malam hari tentu alat ini sangat dibutuhkan ketika mencari sesuatu di tas.

    Smartphone

    Hal yang sangat penting dibawa saat touring adalah smartphone serta power bank agar perangkat tersebut tetap menyala. Tidak bisa dipungkiri jika smartphone merupakan alat yang sangat bermanfaat dan multifungsi.

    Selain bisa digunakan untuk mengabari seseorang ketika Anda bepergian, alat ini juga memiliki GPS yang bisa digunakan untuk mencari jalan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menambahkan berbagai aplikasi bermanfaat yang akan sangat berguna selama di perjalanan.

    Saat ini sudah banyak aplikasi perjalanan yang bisa diunduh dengan gratis seperti aplikasi ramalan cuaca, aplikasi kebencanaan serta aplikasi lainnya.

    Ramalan Cuaca

    Di negara tropis seperti Indonesia, tentu sangat penting untuk mengetahui ramalan cuaca. Apalagi di musim pancaroba seperti ini, Anda tidak akan tahu kan akan hujan lebat dan kapan akan cerah. Oleh sebab itu, sangat penting untuk selalu membawa smartphone yang memiliki ramalan cuaca.

    Sebelum berangkat ke daerah tujuan, sangat disarankan untuk mengecek ramalan cuaca pada hari tersebut. Dengan begitu, Anda bisa menyiapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan.

    Hewan Peliharaan

    Bagi yang punya hewan peliharaan, ada baiknya untuk membawa hewan tersebut selama di perjalanan apalagi jika tidak ada orang yang menjaganya di rumah. 

    Selain untuk keamanan,membawa hewan peliharan juga bisa menjadi hiburan tersendiri yang bisa mengobati rasa lelah Anda di perjalanan.

    Aturan Tidak Tertulis Selama Touring

    Jika Anda baru pertama kali ikut touring, maka sangat penting untuk memahami aturan tak tertulis dan tatakrama dalam touring agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama di perjalanan.

    Biasanya, komunitas mobil atau motor yang bagus selalu memperingatkan anggotanya untuk paham aturan selama berkendara. Meski tampak sepele, namun hal ini bisa saja membahayakan keselamatan orang lain karena touring biasanya dilakukan secara beramai-ramai.

    Oleh sebab itu, sangat penting untuk mematuhi aturan lalu lintas selama di jalan serta saling menghormati antar sesama pengguna jalan baik itu, mobil, motor, maupun angkutan umum. Tidak hanya itu, dalam kelompok touring ada baiknya jika ada seseorang yang dipilih untuk memimpin.

    Hal ini dilakukan agar membedakan mengatur dan mengkoordinasikan banyak orang sekaligus di jalan raya. Apalagi jika kelompok touring Anda meminta pengawalan dari petugas di daerah. Keadaan bisa saja diluar kendali jika tidak diatur dengan benar.

    Selain memahami aturan dan etika lalu lintas, Anda juga sebaiknya belajar soal sinyal-sinyal yang biasa digunakan dalam touring agar lebih mudah berkomunikasi dengan sesama anggota. Perlu Anda ketahui jika ada belasan sinyal yang sering digunakan pengendara selam touring. 

    Exit mobile version