Berita MotoGP Seri Indonesia di Mandalika 2022

Berita MotoGP Seri Indonesia di Mandalika 2022

Berita MotoGP Seri Indonesia di Mandalika 2022

Derots MediaMotoGP yang akan dilaksanakan di Indonesia memang belum dimulai. Meski begitu, media telah banyak yang menampilkan berita MotoGP seri Indonesia di Mandalika 2022. Hal ini wajar, mengingat sejak awal dibangun sirkuit tersebut banyak mendapatkan pro dan kontra.

Alasan Pembangunan Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika

Menurut informasi yang diperoleh, sirkuit Mandalika memang sengaja dibangun untuk lintasan MotoGP dan balapan internasional lainnya. Hal ini tidak lepas dari tujuan pemerintah untuk mengembangkan potensi pariwisata di daerah Lombok sehingga bisa mengurangi angka kemiskinan.

Dengan adanya berbagai event internasional yang digelar di sirkuit Mandalika, diharapkan akan membawa berita dan promo besar-besaran bagi pariwisata Lombok. Pasalnya, daerah ini memang direncanakan untuk menjadi destinasi wisata kelas dunia.

Hal ini bisa dilihat selama pagelaran Motul FIM World Superbike Championship (WorldSBK) kemarin, di mana ada banyak sekali berita positif mengenai sirkuit tersebut. Oleh sebab itu, tidak heran jika pemerintah juga ingin ada banyak berita MotoGP seri Indonesia di Mandalika 2022 tahun depan.

Tidak tanggung-tanggung, bahkan sirkuit Mandalika saat ini dijadikan sebagai salah satu dari 5 destinasi wisata super prioritas terbaru di Indonesia. Tempat lainnya yang termasuk destinasi prioritas, yaitu Labuan Bajo, Borobudur, Kupang, serta Danau Toba.

Mengenal Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika memang bukan sirkuit balap pertama di tanah air. Meski begitu, sirkuit ini bisa disebut sebagai sirkuit balapan yang istimewa karena pembangunannya dirancang khusus untuk event-event besar, seperti kejuaran MotoGP dan sejenisnya.

Bila Anda termasuk penggemar MotoGP dan tidak sabar menantikan MotoGP seri Indonesia tahun depan, maka tidak ada salahnya untuk mengenal sirkuit balap bertaraf internasional Mandalika Lombok terlebih dahulu. Berikut adalah penjelasannya:

1. Namanya Diambil dari Legenda Suku Sasak

Nama Mandalika sendiri sebenarnya diambil dari nama tokoh legenda Suku Sasak yang merupakan warga asli Lombok. Mandalika diambil dari nama seorang putri yang juga dikenal memiliki nama putri Nyale. 

Setiap tahun, untuk mengulang legenda tersebut pemerintah daerah Lombok secara rutin menyelenggarakan acara kebudayaan yang bernama Festival Bau Nyale. Festival ini digelar setiap tanggal 20 bulan 10 pada penanggalan Suku Sasak.

Oleh sebab itu, sangat tepat rasanya jika sirkuit Mandalika dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata internasional. Dengan adanya berbagai objek wisata alam yang menarik serta acara kebudayaan yang rutin digelar, tentu bisa meningkatkan pariwisata di Lombok.

2. Biaya

Dari segi biaya, sirkuit ini menelan biaya yang sangat fantastis yaitu sekitar Rp1,1 triliun. Biaya sebesar itu diketahui hanya untuk pekerjaan dasar serta pembangunan sirkuit saja. Menurut situs resmi pemerintah, sirkuit Mandalika dibangun menggunakan teknologi stone mastic asphalt (SMA).

Teknologi tersebut merupakan teknologi terbaru sehingga belum banyak digunakan oleh sirkuit balap di dunia. Menurut catatan, sampai saat ini baru 4 sirkuit dunia yang menggunakan teknologi tersebut yaitu sirkuit Silverstone, Yas Marina, Philip Island, dan terakhir adalah Mandalika.

3. Memiliki Pemandangan Eksotis

Salah satu keunggulan sirkuit Mandalika adalah pemandangannya yang dianggap eksotis karena berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Bahkan, sirkuit ini masih termasuk dalam kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika yang dikelola oleh Indonesia Tourist Development Corporation. 

Perlu Anda ketahui jika ITDC merupakan holding BUMN bidang pariwisata sehingga tidak heran jika sirkuit ini nantinya akan dijadikan sebagai destinasi wisata. Bahkan, lokasi sirkuit Mandalika ini sebenarnya juga sudah dikelilingi oleh berbagai objek wisata populer di Lombok.

Spesifikasi Pertamina Mandalika International Circuit

Sebagai salah satu sirkuit internasional, tentu sirkuit Mandalika memiliki spesifikasi yang mumpuni karena akan menjadi lokasi balap internasional. Lalu, apa sajakah spesifikasi sirkuit balap baru yang menelan biaya hingga triliunan rupiah ini? Berikut adalah keteranganya:

1. Panjang Sirkuit

Sirkuit ini diketahui memiliki panjang sekitar 4,3 km dengan 17 tikungan. Dari semua titik tikungan tersebut, 11 diantaranya menghadap ke kanan dan sisinya menghadap ke arah kiri. 

Menurut informasi resmi dari Kemenparekraf, luas sirkuit Mandalika seluruhnya adalah sebesar 1.035,67 hektar. Tidak hanya itu, menurut informasi resmi sirkuit Mandalika ini nantinya akan menjadi sirkuit dengan konsep jalanan pertama yang digunakan dalam ajang balap MotoGP.

  1. Kapasitas Penonton

Dari segi kapasitas penonton, sirkuit Mandalika diketahui mampu menampung hingga ratusan ribu orang dengan rincian bagian Stand Seating Street Circuit Mandalika mampu menampung hingga 50.000 penonton.

Sementara itu, bagian tribun berdiri atau Non-Seated Area mampu menampung hingga 138.000 penonton. Tidak hanya itu, bagi Anda yang ingin menonton MotoGP seri Indonesia dengan lebih nyaman tersedia Hospitality Suite yang mampu menampung 7.700 penonton VIP.

  1. Garasi

Menurut informasi yang diperoleh, sirkuit Mandalika sendiri memiliki 40 garasi di area paddock atau garasi yang dikhususkan untuk tim balap. Garasi tersebut dibuat secara permanen lengkap dengan ruang pers dan liputan untuk para wartawan dan media.

Keamanan di lokasi sekitar sirkuit juga menjadi perhatian karena merupakan lokasi event-event internasional maka tidak heran jika keamanan di lokasi ini sangat ketat. Bahkan, pinggiran sirkuit ini diketahui dikelilingi oleh pembatas khusus yang diisi oleh angin.

  1. Menggunakan Teknologi Terbaru

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika sirkuit Mandalika menggunakan teknologi terbaru bernama stone mastic asphalt. Dengan teknologi ini, nantinya akan menghasilkan permukaan aspal yang sangat rata. Dengan begitu, hasil lintasannya dinilai akan lebih awet.

Bahkan, diklaim saat usianya sudah lebih dari 5 tahun lintasan tersebut tidak perlu dilapisi ulang karena masih bagus. Tidak hanya itu, teknologi ini juga diklaim memiliki tingkat keamanan yang sangat bagus.

Hal ini dikarenakan mampu membuat pembalap melaju dengan aman meski berkendara dengan kecepatan hingga 330 km/jam. 

Selain itu, lintasan yang menggunakan teknologi ini diklaim memiliki daya cengkram yang lebih kuat pada lapisan permukaan sehingga memungkinkan pembalap untuk bermanuver dengan aman.

Pelaksanaan MotoGP di Indonesia

Mengingat jika penggemar MotoGP di Indonesia sangat banyak, maka tidak heran jika pelaksanaan MotoGP seri Indonesia di sirkuit Mandalika tahun depan disambut dengan antusias. Tidak hanya untuk penggemar saja, bahkan oleh berbagai kalangan.

Menurut informasi resmi, jadwal MotoGP seri Indonesia 2022 adalah tanggal 20 Maret 2022 yang berlokasi di Mandalika International Street Circuit. Karena masih beberapa bulan lagi, maka Anda masih memiliki waktu untuk menabung membeli tiket ajang balap tersebut.

Hingga saat ini pihak Mandalika Grand Prix Association selaku penyelenggara lokal MotoGP di sirkuit Mandalika belum merilis harga tiket resmi untuk pagelaran balap MotoGP di sirkuit tersebut. Meski begitu, menurut beberapa rumor harga tiket yang ditawarkan masih cukup terjangkau.

Diperkirakan harganya mulai dari Rp300 ribuan untuk 1 hari. Hanya saja belum ada penjelasan lebih lanjut mengenai kategori tribun penonton yang ditawarkan. Sementara itu, harga tiket kemungkinan akan jauh lebih mahal saat hari balapan yang diperkirakan bisa mencapai jutaan rupiah.

Meski sudah dekat, namun sayangnya belum ada informasi lebih lanjut mengenai syarat menonton MotoGP seri Indonesia 2022. Hal ini juga mengingat kemungkinan sampai saat ini pandemi Covid-19 belum berakhir sehingga menimbulkan kekhawatiran berbagai pihak.

Exit mobile version