Cara Membersihkan Mesin Mobil Sampai Kinclong

Cara Membersihkan Mesin Mobil Sampai Kinclong

Cara Membersihkan Mesin Mobil Sampai Kinclong

Derot Media – Meski berada di tempat yang tertutup, mesin mobil juga mudah terkena kotoran entah itu berupa debu maupun kerak sisa buangan mesin. Sebab itulah sangat penting menjaga kebersihan mesin mobil supaya kondisinya tetap bagus dan tidak berdampak buruk bagi performa mobil.

Membersihkan mesin bisa dilakukan dengan mudah di rumah menggunakan alat yang sederhana. Anda harus melakukan pembersihan secara berkala terutama saat berkendara di lokasi berlumpur. Dikhawatirkan jika tidak segera dibersihkan, mesin bisa berkarat dan mudah mengalami kerusakan.

Alasan Pentingnya Menjaga Kebersihan Mesin Mobil

Sama seperti bagian interior dan eksterior mobil, mesin juga harus dirawat dengan baik. Banyak yang mengabaikan kebersihan mesin karena beranggapan lokasinya cukup tertutup sehingga jarang terkena debu. 

Padahal mesin merupakan bagian yang paling vital dan bila terjadi kerusakan bisa berakibat fatal. Karena itu Anda harus meluangkan waktu untuk memeriksa kendaraan termasuk membersihkan bagian mesin . 

Ada beberapa alasan mengapa memastikan kebersihan mobil merupakan hal yang cukup penting. Di antaranya adalah:

Mencegah Aus Pada Komponen Mesin

Ada banyak komponen yang terdapat pada mesin mobil beberapa diantaranya ada di lokasi terbuka. Misalnya saja seperti power steering, dinamo, belt AC, dan lain sebagainya.

Bila mesin tidak dibersihkan secara teratur, komponen terbuka tersebut akan mudah aus. Jika sudah begitu Anda harus menggantinya dengan yang baru supaya kinerja mobil tetap prima.

Meringankan Kerja Kipas Radiator

Radiator pada mobil berperan sebagai pendingin agar mesin tidak cepat panas. Di dalam radiator terdapat kipas yang harus sering Anda bersihkan agar kerjanya semakin ringan.

Bila kondisi kipas radiator kotor karena banyak debu yang menempel, proses pendinginan menjadi terhambat sehingga kondisi mesin akan sering panas.

Menjaga Keadaan Konektor Listrik

Mesin mobil terdiri dari beberapa komponen yang saling terhubung satu sama lain. Bila ada satu komponen yang mengalami kerusakan, bisa berdampak buruk pada kinerja komponen yang lain. Sebab itulah sangat penting untuk mengetahui cara membersihkan mesin mobil yang tepat.

Tujuannya agar kondisi komponen mesin bisa tetap terjaga dan tidak mengalami kerusakan. Karena jika terdapat kerusakan, biaya yang harus dikeluarkan tidaklah kecil. Terlebih jika ada penggantian komponen, budget yang dikeluarkan akan semakin bertambah.

Melancarkan Pelepasan Panas Mesin Mobil

Sebagian besar mobil yang mogok disebabkan karena peningkatan panas pada mesin mobil. Ini disebabkan karena kondisi mesin yang sangat kotor terutama yang berasal dari residu mesin itu sendiri. Misalnya saja seperti tetesan oli, limbah radiator, buangan AC, dan sebagainya.

Supaya pelepasan panas mesin mobil tidak mengalami hambatan, Anda perlu membersihkannya secara rutin. Beberapa kasus kerusakan mesin juga diakibatkan oleh adanya hewan yang masuk. Oleh karena itu, penting untuk selalu mengecek kondisi mesin meski jarang dipakai sekalipun.

Cara Membersihkan Mesin Mobil yang Benar dan Mudah

Tidak dipungkiri kondisi mesin yang buruk menjadi penyebab utama mobil sering mengalami kerusakan bahkan mogok ketika dikendarai. Hal ini lantaran kebersihannya tidak terjaga. 

Supaya tidak terjadi hal buruk pada mobil, perhatikan cara tepat dan aman dalam membersihkan bagian mesin mobil, antara lain:

Memanaskan Mesin Mobil

Memanaskan Mesin

Waktu yang tepat untuk membersihkan bagian mesin mobil adalah saat pagi hari ketika mobil belum dipakai sama sekali. Meski begitu, Anda perlu memanaskan mobil terlebih dahulu kurang lebih 15 menit sebelum dibersihkan.

Mengapa mobil perlu dipanaskan terlebih dulu? Tujuannya untuk memudahkan proses membersihkan debu maupun kotoran yang menempel pada mesin. Dalam kondisi dingin, kotoran sangat sulit dihilangkan. Sebab itulah perlu dilakukan pemanasan beberapa menit saja.

Untuk memulai membersihkan mesin, Anda harus menunggu mesin dingin lagi. Jika masih dalam kondisi panas lalu dibersihkan, akan sangat berbahaya bagi keselamatan diri Anda. Jadi tunggu beberapa menit dulu dan pastikan kondisi mesin sudah benar-benar dingin.

Memulai Membersihkan Debu dan Kotoran

Memulai Membersihkan Debu dan Kotoran

Alat yang diperlukan pada tahapan ini sangat sederhana yaitu sikat, kuas, dan lap. Anda tidak perlu menggunakan air sama sekali. Bersihkan dulu debu serta kotoran yang menempel pada bagian permukaan mesin.

Selanjutnya, gunakan lap untuk membersihkan bagian sela-sela mesin supaya tidak ada kotoran yang tertinggal. Jika Anda memiliki hairdryer bisa menggunakan alat tersebut untuk menghilangkan debu pada sela mesin yang sulit dijangkau menggunakan lap.

Melepaskan Aki Mobil

Melepaskan Aki Mobil

Pada tahapan ini, pembersihan dilakukan dengan menggunakan air. Untuk mencegah terjadinya korsleting, Anda harus melepaskan aki supaya aliran listrik pada mesin terputus. 

Jangan lupa bungkus juga bagian elektronik lainnya pada mesin baik menggunakan plastik maupun alumunium foil.

Dengan melepaskan aki, akan memudahkan Anda saat membersihkan bagian bawah penyimpanan aki pada mesin. Bagian ini merupakan lokasi yang gampang sekali kotor sehingga harus dibersihkan dengan maksimal.

Memulai Membersihkan Mobil Menggunakan Air dan Sabun

Setelah aki dicopot, Anda bisa leluasa melakukan pembersihan pada mesin. Gunakan spon dan sabun untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada komponen mesin. Mulailah membersihkan bagian bawah kap mobil dilanjutkan dengan membersihkan komponen mesin lainnya. 

Anda juga bisa memakai steamer untuk membersihkan sela-sela kecil pada mesin. Untuk membersihkan bagian depan mesin mobil, sebaiknya lepaskan dulu grill depan. 

Sambil membersihkan mesin, tak ada salahnya Anda juga membersihkan bagian mobil lainnya yang lokasinya dekat dengan mesin. Misalnya saja seperti lampu dan covernya.

Jika semua bagian mesin sudah dibersihkan menggunakan sabun, kemudian bilas menggunakan air mengalir. Pastikan tidak ada sabun yang tersisa supaya tidak meninggalkan noda dan kerak pada mesin.

Mengeringkan Mesin Mobil

Pada tahapan ini, Anda bisa menggunakan lap microfiber untuk mengeringkan semua bagian mesin yang telah dibersihkan. Jangan sampai ada air yang masih tertinggal karena bisa membuat beberapa komponen mesin menjadi cepat aus dan berkarat.

Memasang Aki Mobil

Cek ulang kondisi mesin apakah sudah benar-benar kering atau tidak. Selanjutnya, pasang kembali aki dengan benar supaya aliran listrik pada mesin bisa menyala kembali.

Jika ingin kondisi mesin semakin kinclong, Anda bisa memolesnya menggunakan wax khusus mesin mobil. Oleskan wax pada permukaan mesin kemudian gosok menggunakan lap kering dan bersih.

Menyalakan Mesin Mobil

Tahap terakhir yang harus Anda lakukan adalah menyalakan mobil. Bila mobil tidak bisa menyala, berarti terjadi kesalahan saat pemasangan aki. Jika sudah begitu, Anda perlu memasang kembali aki dengan benar.

Tujuan dari menyalakan mesin setelah proses pembersihan adalah untuk menghangatkan komponen mesin yang lembab setelah dibersihkan menggunakan air. Lakukan tahapan ini selama kurang lebih 15 menit saja sampai kondisi mesin cukup panas.
Banyak alternatif alat rumah tangga pengganti yang dipakai untuk membersihkan mesin. Misalnya seperti kuas, sikat, dan cairan sitrun untuk menghilangkan karat. Dengan menjaga kebersihan mesin, akan membuat Anda semakin nyaman saat berkendara baik jarak dekat maupun jauh.

Exit mobile version