Derots Media

Cara Mencuci Mobil yang Benar di Rumah

Cara Mencuci Mobil yang Benar di Rumah

Cara Mencuci Mobil yang Benar di Rumah

Derots Media – Tidak hanya kebersihan diri serta tempat tinggal saja yang perlu diperhatikan. Kendaraan yang dipakai sehari-hari pun harus terjaga kebersihannya, misalnya saja seperti mobil. Sebab itulah cara mencuci mobil yang benar harus diketahui agar tampilannya selalu mengkilap.

Mencuci mobil bukanlah hal yang mudah. Jika dikerjakan secara asal, maka hasilnya tidak akan maksimal. Selain itu tak hanya bagian luarnya saja, interior mobil juga harus dibersihkan. Untuk Anda yang ingin tahu bagaimana cara mencuci mobil di rumah, simak ulasan di bawah ini.

Peralatan Untuk Mencuci Mobil di Rumah

Hal pertama yang harus dipersiapkan jika ingin mencuci mobil di rumah adalah peralatan yang akan digunakan. Jenisnya sangat beragam dan memiliki fungsi yang berbeda, di antaranya adalah:

  1. Spon dan Lap

Kesalahan yang sering dilakukan saat mencuci mobil di rumah adalah muncul goresan kecil karena tidak menggunakan spon khusus untuk cuci mobil. Oleh sebab itu, pemilihan spon harus benar yaitu yang mampu menghasilkan busa lembut.

Penggunaan spon tidak hanya bertujuan untuk meminimalisir goresan pada mobil, tapi juga memudahkan dalam menjangkau setiap bagian mobil. Spon juga mampu menyerap shampo dengan baik sehingga bisa menghemat penggunaan shampo.

Sedangkan lap dipakai untuk mengeringkan mobil usai dicuci. Sebaiknya, setelah dicuci langsung keringkan mobil menggunakan lap agar tidak muncul bercak-bercak noda bekas cipratan air. 

Lap yang digunakan harus memiliki permukaan lembut serta daya serap yang tinggi agar memudahkan pengeringan.

  1. Shampo Mobil

Untuk menjaga mobil agar tetap bersih, Anda harus mencucinya secara rutin menggunakan shampo khusus mobil. Sebaiknya, pilih produk shampo dengan pH yang tidak tinggi agar warna cat mobil tidak cepat kusam karena terjadi pengikisan.

Penggunaan shampo tidak hanya bertujuan untuk membersihkan permukaan mobil saja, tetapi juga menjaga lapisan cat mobil agar selalu tampak mengkilap.

  1. Wax

Untuk membuat mobil berkilau dan tampak seperti baru, tidak hanya dibutuhkan shampo saja. Anda juga harus menggunakan wax. Penggunaan wax dilakukan saat kondisi mobil benar-benar kering agar hasilnya lebih maksimal.

  1. Selang

Kolong mobil merupakan salah satu bagian yang sulit dijangkau. Untuk membersihkannya, Anda memerlukan selang sehingga debu dan kotoran yang menempel bisa dengan mudah rontok.

Pilih selang dengan bahan yang elastis agar tidak mudah melilit. Dengan begitu, aliran air menjadi lebih lancar. Selain itu, juga bisa menggunakan selang yang dilengkapi gun sprayer untuk memudahkan pengaturan tekanan air.

Cara Mencuci Mobil yang Benar dan Cepat di Rumah

Keterampilan mencuci mobil sendiri di rumah memang harus dimiliki. Selain bisa menghemat pengeluaran, kebersihannya juga lebih terjamin. Sembari mencuci, Anda juga bisa melakukan pengecekan, siapa tahu ada bagian mobil yang lecet dan terdapat goresan.

Mencuci mobil bisa dilakukan dengan mudah dan cepat, jika Anda tahu mana cara yang benar. Beberapa di antaranya adalah:

Membasahi Mobil

Setelah perlengkapan mencuci mobil disiapkan, langkah pertama yang dilakukan adalah membasahi mobil menggunakan air bersih. Anda bisa menggunakan gayung ataupun selang yang dilengkapi dengan pengatur tekanan air.

Tujuan dari membasahi permukaan mobil secara menyeluruh adalah untuk merontokkan debu serta kotoran yang menempel. Bila Anda menggunakan air dengan tekanan tinggi, sebaiknya basahi mobil dengan menyemprot ke arah samping.

Jika semprotan langsung diarahkan ke body mobil, dikhawatirkan akan timbul lecet yang disebabkan oleh gesekan air bertekanan tinggi. Selain itu, menyemprot secara frontal juga dapat menambah resiko mobil akan penyok.

Membersihkan Menggunakan Shampo

Shampo yang dikhususkan untuk mencuci mobil memiliki cara kerja yang lebih efektif dibandingkan shampo biasa. Oleh karena itu, pergunakan pembersih yang memang diperuntukkan untuk eksterior mobil.

Tuangkan shampo ke dalam ember atau wadah yang sudah diisi air. Kemudian, gunakan spon untuk membersihkan permukaan mobil mulai dari bagian atas kemudian turun kebawah. Cara ini akan membuat kotoran yang menempel di body bisa cepat luntur.

Mencuci Bagian Ban

Jika bagian body sudah dibersihkan menggunakan spon, tahapan selanjutnya yang tak kalah penting adalah membersihkan bagian ban dan pelek.

Untuk membersihkan bagian permukaan ban, Anda bisa menggunakan sikat dan sabun. Sementara untuk pelek, sebaiknya pakai lap saja agar tidak menimbulkan goresan.

Pemakaian semir untuk ban sebaiknya dihindari, jika Anda ingin ban tetap awet. Penggunaan semir justru akan membuat lapisan luar ban terkikis sehingga dinding ban lama kelamaan akan menjadi tipis. 

Jangan lupa bersihkan juga bagian mobil yang lain, seperti spion, wiper, lampu, serta handle pintu.

Membilas Menggunakan Air Mengalir

Pembilasan sebaiknya menggunakan air yang mengalir agar busa shampo bisa cepat hilang. Lakukan pembilasan mulai dari bagian atas mobil kemudian ke bagian mobil yang lebih detail misalnya seperti kaca, handle pintu, spion, ban, serta kolong mobil.

Pastikan semua busa sudah hilang agar tidak meninggalkan bekas noda pada mobil. Jika perlu, lakukan pembilasan beberapa kali agar hasilnya lebih maksimal.

Mengeringkan Mobil

Supaya mobil cepat kering, salah satu tips yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengeringkannya di tempat yang terbuka. Selain itu, gunakan lap yang berbeda dengan yang dipakai saat mencuci mobil. Gunakan lap yang benar-benar kering dan bersih untuk mempercepat proses pengeringan.

Pengeringan harus dilakukan dengan baik agar tidak ada noda bekas air yang tertinggal. Selain itu, pastikan bagian yang sulit dijangkau juga sudah kering supaya tidak merusak kondisi eksterior mobil.

Tips Mudah Membersihkan Interior Mobil

Selain membersihkan bagian luar, interior mobil juga harus dijaga kebersihannya secara berkala. Cara membersihkan bagian dalam mobil tidaklah sulit. Anda hanya membutuhkan beberapa peralatan sederhana serta ketelitian supaya kotoran di mobil benar-benar hilang.

Anda tidak perlu menggunakan sabun dan air, hanya bermodalkan vacum saja sudah bisa membersihkan bagian interior mobil dengan maksimal. Jika tidak memiliki vacum, Anda bisa memanfaatkan lap kering serta kuas bersih.

Selain lebih hemat, keuntungan mencuci mobil sendiri adalah Anda bisa memastikan kondisinya benar-benar bersih baik bagian luar maupun dalam. Selain itu, peralatan yang digunakan juga lebih higienis sehingga tidak membuat permukaan luar mobil mengelupas dan mudah kusam. 

Exit mobile version