Cara Merawat Motor Matic Agar Tahan Lama

Cara Merawat Motor Matic Agar Tahan Lama

Cara Merawat Motor Matic Agar Tahan Lama

Derot Media – Hampir sebagian besar masyarakat kini memilih motor matic sebagai kendaraan pribadinya. Selain mempertimbangkan masalah kepraktisan, motor matic paling irit juga banyak yang bermunculan. Penggunaannya pun lebih mudah dibanding dengan motor biasa karena memakai sistem otomatis.

Akan tetapi, banyak keluhan dari konsumen yang menyatakan kalau jenis motor ini mudah rusak. Hal ini karena komponen yang ada di dalamnya sangat banyak. Jika tidak dirawat dengan baik dan benar, motor akan sering mengalami masalah mulai dari mogok hingga kerusakan di beberapa komponen.

Cara Merawat Motor Matic Agar Tidak Mudah Rusak

Kerusakan yang dialami oleh motor matic lebih sering disebabkan karena penggunaan yang salah. Selain itu, perawatan tidak dilakukan secara berkala dengan alasan memakan biaya yang mahal. Padahal merawat jenis motor ini cukup mudah dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Untuk Anda yang ingin motor maticnya selalu awet, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dipraktikkan dalam merawat motor matic adalah:

Mengganti Oli

Salah satu perawatan motor matic yang paling utama adalah selalu mengganti oli sesuai jadwal. Jika sudah mencapai 1.000 km, sebaiknya segera lakukan penggantian oli. Khusus untuk oli gardan, penggantian dilakukan setiap 5.000 km.

Pastikan Anda memilih oli asli yang memiliki kualitas prima agar performa mesin bisa tetap terjaga. Jangan lupa pilih jenis oli yang sesuai dengan spesifikasi motor matic.

Memanaskan Mesin Motor Setiap Pagi

Tips mudah merawat motor matic selanjutnya yaitu rutin memanaskan mesin motor setiap pagi sebelum digunakan. Saat memanaskan motor, sebaiknya gunakan kick starter supaya baterai motor lebih tahan lama.

Tidak perlu lama-lama, cukup panaskan 5 hingga 10 menit saja. Tujuan melakukan cara ini adalah agar kerja mesin lebih mudah sehingga bisa menghasilkan tenaga yang maksimal.

Merawat Aki Motor

Hampir semua pengendara pasti pernah mengalami masalah AKI motor mati. Tentu saja hal tersebut sangat tidak mengenakkan karena selain membuat lampu menjadi redup, starter elektrik pun akan mati.

Tidak ada yang bisa memprediksi kapan usia aki motor. Namun untuk mengantisipasi masalah AKI mati, sebaiknya Anda melakukan penggantian setiap 7 hingga 8 bulan sekali.

Jangan Kehabisan Bensin

Bila motor matic sampai kehabisan bensin, maka akibat yang ditimbulkan akan sangat fatal. Salah satunya adalah merusak kondisi mesin. Jika sudah begini, maka harus dilakukan penggantian beberapa komponen besar.

Sebab itulah usahakan selalu mengisi bensin secara penuh untuk mencegah kerusakan pada mesin. Bila jarum pada speedometer sudah mendekati huruf E, segera lakukan pengisian bensin agar tidak kehabisan di jalan.

Mengecek Kondisi V-belt

V-belt merupakan salah satu komponen terpenting dari motor matic. Untuk motor matic yang sering digunakan untuk perjalanan jarak jauh, sebaiknya selalu rutin memeriksa kondisi v-belt. Komponen ini terbuat dari karet. Jadi jika kondisinya sudah rapuh akan gampang sekali putus.

Apabila v-belt putus, maka motor tidak bisa dijalankan. Fungsi v-belt sama seperti rantai pada motor biasa. Sebaiknya saat mengganti v-belt, gunakan suku cadang yang asli karena yang original lebih terjamin kualitas dan pasti lebih tahan lama.

Servis Rutin di Bengkel

Jika ingin motor matic tidak gampang rewel, sebaiknya lakukan perawatan tepat waktu. Misalnya saja dengan servis ke bengkel. Tidak hanya mengganti oli, ketika Anda menyervis motor di bengkel juga akan dilakukan pemeriksaan pada bagian karburator, roller, v-belt, serta kondisi aki.

Setidaknya, lakukan servis di bengkel 3 bulan sekali untuk memeriksa kelayakan kondisi motor. Gunakan jasa bengkel resmi karena kinerjanya lebih profesional sehingga hasilnya lebih terjamin.

Menggunakan Bensin yang Berkualitas

Di atas sudah disebutkan hal-hal yang tidak boleh dilakukan jika ingin mesin motor awet yaitu jangan sampai kehabisan bensin. Selain itu, pastikan Anda menggunakan bensin yang berkualitas supaya performa motor bisa lebih maksimal.

Rekomendasi Motor Matic Terbaik 2022 dengan Harga Terjangkau

Persaingan pasar kendaraan bermotor saat ini cukup sengit. Banyak produsen dari luar negeri yang terus mendatangkan produk terbaiknya untuk di jual di Indonesia. Peluang ini bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan motor matic berkualitas dengan harga yang relatif rendah.

Berikut ini adalah daftar motor matic terbaru 2022 yang sangat direkomendasikan di antaranya:

Honda BeAT

Honda beat

Motor matic dengan tampilan dinamis dan menyasar konsumen dari golongan anak muda ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau yaitu Rp16 jutaan saja. Mesin yang disematkan di dalamnya memiliki kapasitas 110 cc, cukup efisien dalam pemakaian bahan bakar. 

Tersedia dua tipe motor BeAT yang dilempar ke pasaran, yaitu CBS dan CBS-ISS. Ada banyak fitur terkini yang terdapat pada motor matic pabrikan Jepang ini. 

Mulai dari power charger yang terdapat di bawah stang, bagasi luas dengan kapasitas maksimal 12 liter, serta lampu depan yang sudah menerapkan teknologi LED disematkan dalam motor ini.

Honda Genio

Genio hadir guna menarik pangsa pasar anak muda yang memerlukan kendaraan praktis dan lincah di jalanan. Mesin yang dipakai memiliki kapasitas 110 cc. Genio sangat irit dalam pemakaian bahan bakar sehingga Anda tak perlu sering melakukan pengisian ulang.

Kelebihan Genio yang paling menonjol ada pada space bagasi yang sangat besar yaitu 14 liter. Selain itu dari sisi penerangan, motor matic yang tampilannya mirip Scoopy ini sudah menggunakan teknologi LED pada lampu depannya.

Di pasaran, penjualan Genio cukup stabil meski banyak bermunculan produk baru yang serupa. Kisaran harganya juga ramah kantong yaitu Rp17 jutaan saja. Ada dua model yang bisa Anda pilih, Radiant (elegant) dan Fabulous (sporty).

Yamaha Gear 125

Yamaha Gear 125

Motor matic pabrikan Yamaha ini memiliki performa yang prima karena didukung oleh mesin berkapasitas 125 cc. Efisiensi bahan bakarnya pun sudah tidak diragukan lagi, sangat irit. Yamaha Gear 125 mempunyai tampilan yang gagah sehingga sangat pas untuk perjalanan jarak jauh.

Yamaha sengaja menambahkan pijakan kaki anak pada bagian samping agar kendaraan ini nyaman dipakai oleh siapa saja termasuk anak-anak. Beberapa fitur terbaik yang disematkan pada kendaraan ini meliputi electric power socket, lampu depan LED, serta gantungan barang yang jumlahnya double.

Tak seperti kendaraan matic pada umumnya, Yamaha Gear 125 hanya menyediakan bagasi yang cukup sempit dan hanya bisa memuat jas hujan saja. Jadi jika Anda membawa barang yang cukup banyak, sepertinya perlu memberikan bagasi tambahan pada bagian belakang motor.

Untuk mendapatkan motor matic dengan gaya maskulin serta mesin berkapasitas besar ini, Anda tidak perlu mengeluarkan dana yang besar. Cukup bermodalkan Rp17 jutaan saja Anda sudah bisa membawa pulang Yamaha Gear 125.

Cara merawat motor matic sebenarnya tidaklah sulit karena bisa dilakukan di rumah. Meski begitu, Anda harus telaten dan teliti agar servis tepat waktu. Selain itu, selalu pastikan kondisi bahan bakar cukup untuk berkendara agar kinerja mesin tidak mengalami kendala selama perjalanan. 

Exit mobile version