Marc Marquez Dikabarkan Akan Pensiun 2022

Marc Marquez Dikabarkan Akan Pensiun 2022

Marc Marquez Dikabarkan Akan Pensiun 2022

Derot Media – Setelah pembalap legendaris Valentino Rossi mengumumkan akan pensiun akhir tahun ini, kabar tidak sedap juga terdengar dari pembalap senior Marc Marquez. Menurut rumor yang beredar, Marc Marquez dikabarkan akan pensiun sesegera mungkin.

Hal ini dikarenakan pembalap ini masih menjalani perawatan akibat gegar otak yang dialaminya karena terjatuh saat berlatih di bulan Oktober kemarin. Kecelakan tersebut membuatnya mengalami masalah penglihatan. Hal inilah yang membuat rumor pensiun dini semakin kuat. 

Biografi Marc Marquez

Marc Marquez

Jika dilihat dari segi umur, sebenarnya usia Marc Marquez masih dibilang masih muda. Pembalap ini lahir pada tanggal 17 Februari 1993 di kota Cervera Spanyol. Namanya termasuk dalam daftar pembalap MotoGP dengan prestasi terbaik sehingga sangat populer di masyarakat.

Marquez sendiri yang memiliki julukan The Baby Alien dikenal sebagai pembalap dengan nomor punggung 93 yang selalu digunakan setiap mengikuti balapan. Dia merupakan salah satu pembalap muda andalan tim Repsol Honda yang sudah mendapatkan banyak gelar juara MotoGP.

Dirinya mulai debut dalam dunia balap motor pada tahun 2008 pada GP Portugal, saat masih berusia 15 tahun dan karirnya bisa dikatakan sangat bagus. Meski masih belia, namun dirinya mampu membuktikan diri sebagai pembalap yang perlu diperhitungkan.

Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak yang berpikir jika sampai Marc Marquez pensiun akan merugikan MotoGP. Selain dikenal sebagai berbakat, pembalap dengan julukan The Baby Alien ini juga dinilai sebagai salah satu pembalap paling berprestasi di sepanjang pelaksanaan MotoGP.

Daftar Prestasi Marc Marquez

Selama berkarir sebagai pembalap MotoGP, Marquez dikenal sebagai pembalap dengan banyak prestasi membagakan. Bahkan, tidak jarang dirinya berhasil memecahkan berbagi rekor penting. Berikut adalah daftar prestasi sang pembalap jika Anda ingin tahu:

Gelar Juara di Berbagai Kelas MotoGP

Sejak debut tahun 2008 lalu, Marquez telah berhasil mengantongi 8 gelar juara dunia di berbagai kelas MotoGP yaitu di kelas 125cc pada tahun 2010, Moto2 di tahun 2012, dan 6 gelar di kelas utama pada tahun 2013, 2014, 2016, 2017, 2018, dan terakhir tahun 2019.

Marc Marquez 134 Kali Naik Podium

Hingga musim 2020 kemarin, Marquez berhasil naik podium sebanyak 134 kali sejak berkompetisi di kelas 125cc. Dengan rincian, 95 podium saat berkompetisi di kelas primer, 24 podium di kelas kelas Moto2, dan sisanya saat dia berkompetisi di kelas 125cc.

Hal ini membuatnya meraih peringkat keenam sebagai pembalap dengan paling banyak naik podium di seluruh kelas MotoGP.

82 Kemenangan Sepanjang Karier Balapan

Dari 143 podium, 83 di antaranya Marquez berhasil berdiri menjadi juara. Pencapaian ini membuatnya menjadi pembalap keempat yang memiliki jumlah kemenangan terbanyak sepanjang sejarah dilaksanakanya MotoGP.

Kebanyakan kemenangan yang diperolehnya beras dari kelas tertinggi, yaitu sebanyak 56 kali dengan rincian 16 kemenangan di Moto2 dan 10 kemenangan di kelas 125cc.

Salah Satu Peraih Hattrick Terbanyak dalam Sejarah

Hattrick dalam kejuaran dunia MotoGP adalah istilah yang digunakan untuk pembalap yang mampu mendapatkan pole position, kemenangan, serta catatan waktu tercepat dalam pertandingan. Marquez sendiri tercatat sudah mendapatkan hattrick sebanyak 25 kali di sepanjang karirnya.

Jumlah ini membuatnya mendapatkan predikat sebagai pembalap kedua yang yang mendapatkan hattrick terbanyak sepanjang sejarah. Peringkat pertama sampai sekarang masih dipegang oleh Mick Doohan, legenda balap asal Australia dengan jumlah 27 hattrick.

Deretan Fakta Menarik Marc Marquez

Sebagai seorang pembalap, Marc Marquez tentu saja pernah meraih banyak sekali kemenagan yang membuatnya dikenal sebagai salah satu pembalap muda yang berbakat. Namun, tahukah Anda jika Mariez memiliki beberapa fakta yang tidak banyak diketahui orang lain, selain penggemarnya?

Pembalap Paling Muda di Kelas Premier

Memulai debut pada usia belia, membuat Marquez masuk dalam jajaran pembalap termuda yang pernah menjuarai balapan di kelas premier. Pada waktu itu, Marquez baru berusia 20 tahun 63 hari saat berhasil memenangkan kejuaran GP Amerika pada tahun 2013.

Rekornya ini berhasil memecahkan rekor pembalap sebelumnya yaitu Freddie Spencer yang berhasil memenangkan GP 500cc pada usia 20 tahun 196 hari pada tahun 1982 di Belgia.

Marc Marquez Pembalap Termuda Austin

Tidak hanya menyandang gelar sebagai pembalap termuda di kelas premier, Marquez juga menyandang gelar sebagai pembalap termuda yang berhasil memenangkan 3 pertandingan dalam 1 sirkuit di Austin selama kurun waktu 65 tahun.

Pencapain ini tentu saja melebihi rekor teman setimnya yaitu Dani Pedrosa yang berhasil memenangkan perlombaan di sirkuit China pada tahun 2006 saat masih berusia 20 tahun 227 hari.

Pembalap Pertama yang Memenangkan Seri Pertama atau Kedua Setelah Debut Primer

Tahukah Anda jika Marquez menjadi pembalap pertama yang berhasil memenangkan seri pertama atau kedua setelah debut di kelas primer dalam kurun waktu 15 tahun? Hal ini memecahkan rekor pembalap sebelumnya yaitu Max Biaggi pada tahun 1988 di sirkuit Shizuoka pada kelas 500cc.

Tidak hanya itu, Marquez juga menjadi pembalap pertama setelah Jorge Lorenzo yang berhasil finish di podium pada 2 serui perdana debutnya di kelas premier pada tahun 2008 lalu. Marquez berhasil memecahkan rekor Lorenzo sebagai pembalap termuda yang ada di klasemen kelas premier.

Finish 2 Kali Berturut-Turut

Kemenangannya di Austin membuatnya menjadi pembalap paling muda yang berhasil finish 2 kali berturut-turut dan berhasil naik podium pada kelas premier. Hal ini membuatnya pecahkan rekor Randy Mamola yang menjadi juara MotoGP Perancis dan Spanyol pada tahun 1980.

Saat itu usianya baru menginjak 20 tahun lebih 197 hari sehingga mencapai Marquez saat ini berhasil mematahkan rekor yang sudah bertahan selama lebih dari 20 tahun saat itu.

Pembalap Termuda yang Naik Podium 3 Kali

Marquez mendapatkan kehormatan sebagai pembalap termuda yang pernah naik podium sebanyak 3 kali berturut-turut pada ajang GP Spanyol pada tahun 201 lalu. Pada saat itu, usia Marquez tercatat masih 20 tahun 77 hari.

Hal ini membuatnya berhasil mematahkan rekor pembalap muda sebelumnya yaitu Lorenzo yang berhasil naik podium secara berurutan pada usia 20 tahun 345 hari di tahun 2008 lalu.

Berapa Jumlah Kekayaan Marc Marquez?

Karir cemerlang yang dimiliki oleh Marc Marquez tentu saja membuat kehidupannya tak ubahnya seperti seorang superstar. Tidak banyak berita tentang kehidupan pribadi dan jumlah kekayaan Marc Marquez yang dipublikasikan.

Marquez sendiri tampaknya termasuk dalam jajaran atlet populer yang tidak banyak mengumbar kehidupan pribadinya. Bahkan, Marquez sendiri pernah mengatakan jika dirinya cenderung kurang nyaman dengan semua perhatian yang dimilikinya dan sering berkata merindukan kehidupan normal.

Hal inilah yang membuat rumor pensiun dininya semakin santer terdengar. Dirinya memang bukan orang yang gemar menunjukan kekayaan atau mengoleksi barang mahal. Cukup jarang dirinya tertangkap media menggunakan pakaian mewah atau pakain dari merek-merek terkenal.

Padahal, sebenarnya jumlah kekayaan pembalap muda ini tidak bisa dikatakan sedikit. Menurut informasi, total kekayaan Marquez diperkirakan mencapai lebih dari Rp504 miliar. Meski begitu, Marquez lebih sering menggunakan kekayaannya untuk menjaga privasi keluarganya.

Meski sebenarnya masih ada banyak fakta menarik Marc Marquez yang tidak kamu ketahui, namun tampaknya hal tersebut tetap akan menjadi misteri. Apalagi jika hal tersebut berkaitan dengan kehidupan pribadinya. 

Exit mobile version