Modifikasi Motor Membuat Motor Touring Sendiri

Modifikasi Motor Membuat Motor Touring Sendiri

Modifikasi Motor Membuat Motor Touring Sendiri

Derots Media – Untuk Anda yang suka jalan-jalan menjelajahi daerah yang terpencil dengan medan yang tak mudah, memiliki motor touring menjadi suatu keharusan. Namun, tak dipungkiri harga motor touring tidaklah murah. Sebab itulah, Anda bisa melakukan modifikasi dan improvisasi di beberapa bagian motor.

Jenis motor yang dimodifikasi untuk touring bisa berasal dari motor biasa maupun matic. Sebaiknya modifikasi dilakukan sesuai dengan kebutuhan untuk memaksimalkan fungsi kendaraan. Penambahan aksesoris pun harus diperhitungkan agar tidak menambah beban motor.

9 Tips Modifikasi Motor Untuk Touring yang Mudah dan Cepat

Tak perlu ke bengkel jika hendak memodifikasi motor karena Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Caranya dengan membeli komponen yang diperlukan lalu memasangnya secara mandiri. 

Berikut ini adalah tips memodifikasi motor biasa menjadi motor touring yang perlu Anda perhatikan, antara lain:

1. Mengganti Ban Khusus

Ban yang digunakan pada motor biasa, tidak cukup mumpuni jika dipakai untuk touring. Terlebih jika perjalanannya memakan waktu berjam-jam, ban bisa cepat aus sehingga mempengaruhi keseimbangan motor.

Sebab itulah, Anda perlu mengganti ban dengan ban yang nyaman untuk touring, Yaitu ban yang ukurannya lebih lebar. Akan tetapi, pemilihan ban juga harus disesuaikan dengan ukuran velg. Jika ternyata velgnya kecil, Anda harus mengganti keduanya baik ban maupun velg.

Ukuran ban yang besar dan lebar membuat Anda nyaman saat mengendarai motor touring. Selain keseimbangannya lebih stabil, kondisi ban juga tetap prima meski menapaki medan yang cukup sulit.

2. Menambahkan Busa Pada Jok

Kegiatan touring bisa menempuh jarak yang cukup panjang dan memakan waktu yang lama. Sebab itulah ganti jok dengan jok yang lebih tebal adalah opsi yang tepat karena bisa membuat pengendara semakin nyaman.

Penambahan busa pada bagian jok juga bisa membuat dudukan semakin empuk. Dengan begitu, Anda tidak akan mudah capek karena harus menempuh perjalanan yang cukup jauh.

Cara modifikasi ini bisa Anda lakukan sendiri, tinggal beli saja busa tambahan. Sementara permukaan jog bisa tetap Anda gunakan atau diganti dengan desain yang baru agar tampilannya lebih keren.

3. Menambahkan Box

Salah satu ciri utama motor touring adalah terdapat box pada bagian kanan dan kiri belakang motor. Tujuannya sebagai tempat penyimpanan sehingga Anda tidak perlu membawa banyak tas. Aksesoris box sangat beragam jenisnya di pasaran. 

Jumlah box yang dipasang sebaiknya sesuaikan dengan kondisi motor. Semakin banyak box yang dipasang, maka semakin memudahkan Anda dalam bepergian. Hal yang perlu Anda perhatikan, penambahan box juga akan menambah beban kendaraan. 

Oleh karena itu, saat pasang bagasi tambahan Anda harus mencoba dulu apakah kondisi motor bisa stabil saat dikendarai atau tidak.

4. Memasang Windshield

Supaya kenyamanan dan keamanan Anda lebih terjamin saat touring, sebaiknya pasang windshield. Fungsi dari aksesoris tambahan ini adalah melindungi pengendara dari terpaan angin yang kencang terutama saat berkendara dengan kecepatan yang tinggi.

Selain itu, windshield juga melindungi Anda dari cipratan air serta tanah saat menjelajahi medan yang penuh lumpur. Dalam memilih aksesoris ini, sebaiknya sesuaikan dengan ukuran motor karena jenis dan ukuran windshield cukup beragam.

5. Menambahkan Phone Holder

Tidak sedikit peserta touring yang senang mengabadikan perjalan dengan cara direkam melalui smartphone. Sebab itulah pemasangan phone holder sangat diperlukan. Selain itu, aksesoris ini juga mampu melindungi smartphone dari cipratan air ketika hujan.

Dengan memasang phone holder, Anda tidak perlu sering berhenti untuk mengecek handphone karena bisa dilakukan sembari berkendara. 

Akan tetapi, keselamatan harus menjadi prioritas utama. Jadi jangan sering mengecek smartphone saat berkendara agar Anda dan rombongan bisa selamat sampai tujuan.

6. Memasang Handguard

Untuk Anda pecinta motor touring, pasti sudah tidak asing dengan aksesoris yang satu ini. Pemasangan handguard sangat cocok dikombinasikan dengan stang yang lebar. Aksesoris ini difungsikan sebagai pelindung tangan serta memberikan kenyamanan saat berkendara. 

Selain itu, motor yang dilengkapi dengan hand guard lebih terkesan gagah sehingga cocok dijadikan motor touring. Anda bisa membeli sendiri aksesoris ini kemudian memasangnya. Cara pasangnya juga mudah dan tidak ribet. 

Model handguard pun beragam, Anda bisa memilih sesuai dengan keinginan.

7. Meninggikan Pijakan Kaki

Jika Anda ingin mengubah motor matic menjadi kendaraan touring, sebaiknya tinggikan bagian pijakan kaki depan. Tujuannya agar membuat Anda semakin nyaman berkendara. Tak hanya itu, kondisi motor bisa tetap seimbang terutama saat melewati jalan yang berlubang.

8. Meninggikan Shockbreaker

Shockbreaker

Ketika Anda sedang melakukan touring bersama dengan teman ataupun anggota komunitas, jenis medan yang dilalui cukup beragam. Selain menambahkan handguard, Anda juga perlu meninggikan shockbreaker. 

Hal ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan motor terutama saat melewati jalan terjal. Kondisi shockbreaker yang tinggi juga membuat tangan tidak mudah pegal. Terlebih jika melewati berlubang, dudukan Anda akan tetap nyaman serta meminimalisir risiko jatuh.

9. Menambah Lampu

Penerangan juga menjadi hal yang perlu diperhatikan karena perjalanan touring yang memakan waktu lama bahkan hingga matahari terbenam. Jika dirasa penerangan yang dihasilkan kurang maksimal, Anda bisa menambahkan lampu pada bagian depan motor.

Saat ini ada banyak toko yang menjual lampu rakitan khusus motor touring. Dengan begitu, Anda tinggal beli kemudian pasang tanpa perlu repot merakit dulu.

Sebaiknya, pilih lampu yang sudah menggunakan teknologi LED. Selain nyalanya lebih terang, jenis lampu ini juga tahan lama meski terus dinyalakan selama berhari-hari.

Tips Memilih dan Membeli Windshield Untuk Motor Touring

Tak hanya kendaraan touring saja yang sering dipasangi windshield. Kendaraan untuk keperluan sehari-hari pun banyak yang menggunakan windshield. Fungsinya tentu untuk melindungi tubuh bagian depan dari cipratan serta lemparan material yang cukup berbahaya.

Jenis dan model windshield pun beragam. Jika Anda ingin mendapatkan windshield dengan desain yang lebih modern serta pilihan warna yang banyak, sangat disarankan untuk menggunakan produk dari pabrikan ketiga.

Namun jika Anda lebih mementingkan kualitas serta keamanan, maka sebaiknya gunakan windshield yang satu produk dengan motor yang akan dimodifikasi. Sebelum membeli windshield, terlebih dahulu tentukan karakter windshield yang akan dipasang. 

Selain itu, Anda harus mencari yang ukurannya pas dengan motor Anda. Bila ingin tampilan motor touring lebih modern, windshield dengan ukuran pendek menjadi opsi yang tepat. Untuk motor yang sering digunakan berboncengan pun sebaiknya menggunakan ukuran yang lebih kecil.

Sedangkan jika Anda ingin motor touring hasil modifikasi terlihat lebih sporty, pilih windshield yang ukurannya panjang. Harga dari aksesoris fungsional ini pun beragam, ada yang murah dan mahal. Anda tinggal pilih sesuai dana yang sudah disiapkan.

Agar tidak suntuk, Anda bisa pasang aksesoris hiburan dan bermanfaat untuk mencegah kantuk. Tambahkan juga pengisi daya smartphone agar mudah melakukan isi ulang. Memodifikasi motor lebih hemat jika dilakukan sendiri. Namun bila tak ingin repot, bisa membawanya ke bengkel terdekat.

Exit mobile version