Motor Listrik Ramah Lingkungan dan Stylish

Motor Listrik Ramah Lingkungan dan Stylish

Motor Listrik Ramah Lingkungan dan Stylish

Derots Media – Semakin meningkatnya jumlah polusi saat ini, membuat penggunaan kendaraan lmenjadi meningkat. Kendaraan listrik pun mulai diminati karena memiliki daya tahan baterai lama, seperti motor listrik pun mudah didapatkan. Pilihannya pun beragam dengan harga yang bervariasi pula.

Pemakaian kendaraan listrik tak hanya mampu menghemat pengeluaran untuk bahan bakar, desainnya pun lebih ramping sehingga lincah di jalanan. Perawatannya pun mudah dan bahkan lebih awet daripada kendaraan berbahan bakar bensin pada umumnya.

5 Keunggulan Motor Listrik yang Harus Anda Tahu

Penjualan motor listrik meningkat pesat pada tahun ini. Hal ini dilatarbelakangi oleh semakin naiknya kesadaran masyarakat untuk menciptakan lingkungan bersih dan sehat. Berikut ini adalah beberapa kelebihan motor bertenaga listrik, antara lain:

1. Akselerasi Spontan

Bila Anda mengira jika kinerja motor bertenaga listrik tak sekuat motor dengan bahan bakar bensin, hal tersebut adalah keliru. Faktanya akselerasi yang dihasilkan oleh kendaraan listrik sama tangguhnya dengan motor pada umumnya.

Sistem kerjanya secara spontan akan menyesuaikan dengan tarikan yang Anda lakukan. Itulah mengapa jenis motor ini sangat cocok dijadikan kendaraan sehari hari. Entah itu untuk pergi ke kantor, mengantar anak sekolah, berbelanja, dan lain sebagainya dijamin cocok.

2. Efisiensi Maksimal

Salah satu alasan mengapa banyak yang memilih motor bertenaga listrik sebagai kendaraan harian adalah tingkat efisiensinya yang sangat tinggi. Jenis motor ini memiliki efisiensi sebesar 90%. Hal tersebut jauh lebih tinggi ketimbang motor biasa yang efisiensinya hanya 30% saja.

Dengan tingkat efisiensi yang maksimal, membuat tipe kendaraan listrik lebih hemat energi. Jadi Anda tidak perlu sering melakukan pengisian daya karena penggunaan energi listrik cukup kecil.

3. Suara Mesin yang Halus

Motor listrik tak hanya bebas dari polusi udara, tetapi juga polusi suara. Ini karena suara mesin yang dihasilkan oleh jenis kendaraan ini sangatlah halus. Jadi Anda tidak perlu takut bising karena mesin motor tidak menghasilkan suara yang keras.

Inilah yang menjadi salah satu alasan motor bertenaga listrik layak dijadikan kendaraan masa depan. Dengan menggunakan jenis kendaraan ini, maka kondisi lingkungan akan jauh lebih nyaman dan bersih dari jenis polusi apapun.

4. Perawatan Mudah

Mengapa biaya perawatan motor bertenaga listrik jauh lebih murah dan mudah? Hal ini karena komponen listrik yang terdapat pada kendaraan tersebut jumlahnya tidak terlalu banyak. Jadi Anda tidak perlu sering melakukan penggantian komponen.

Perawatan yang dilakukan cukup simple. Mulai dari mengganti baterai motor sesuai dengan jadwal hingga perawatan rutin untuk menjaga kondisi komponen agar tidak mudah rusak.

5. Ramah Lingkungan

Kendaraan listrik tidak mengeluarkan emisi gas yang bisa memicu polutan. Jadi jika sebagian besar masyarakat beralih menggunakan motor jenis ini, tingkat polusi akan semakin berkurang karena kebersihan udara lebih terjamin.

Motor bertenaga listrik sudah menggunakan energi terbarukan sehingga knalpot tidak menghasilkan gas sama sekali. Energi penggerak yang dibutuhkan berasal dari listrik yang bisa Anda dapatkan dengan mengisi ulang daya di rumah maupun kantor.

Tanpa gas buangan serta tidak menyebabkan bising sama sekali, membuat kendaraan ini dijuluki sebagai motor yang sangat ramah lingkungan.

Baca Juga : Cara Mencuci Mobil yang Benar di Rumah

Rekomendasi Motor Listrik Terbaik dengan Harga Terjangkau

Produsen motor terbaik di dunia kini mulai mengembangkan produk terbaiknya dengan mengeluarkan motor bertenaga listrik. Beberapa bahkan menambah kayuhan agar dapat menghasilkan energi listrik secara manual.

Untuk Anda yang tertarik mencoba kendaran listrik terbaik saat ini. Berikut ini adalah beberapa rekomendasikan:

1. Gesits

Gesits

Meski diproduksi oleh pabrikan dalam negeri, namun kualitas yang dimiliki Gesits tak kalah saing dengan produk lainnya yang sejenis. Resmi diluncurkan pada tahun 2019, proyek kolaborasi ini sukses mencuri perhatian masyarakat tanah air.

Sekilas, tampilan motor bertenaga listrik ini mirip dengan motor keluaran Honda yaitu Vario 125. Lampu depan sudah menggunakan LED dengan HD Projection. Selain itu, dibekali juga dengan Day Running Light agar cahaya yang dihasilkan tidak menyilaukan mata.

Tenaga utama dari kendaraan ini berasal dari baterai jenis Lithium Ion NMC dengan kapasitas 72 V dan 20 A. Dalam kondisi baterai penuh, Gesits bisa melaju sejauh 70 km.

2. Honda PCX Electric

Honda pcx electric

Honda selalu melakukan inovasi agar bisa menghasilkan produk terbaik salah satunya adalah Honda PCX Electric. Dengan dibekali dua buah baterai sekaligus yang masing-masing berkekuatan 50,4V, membuat kendaraan ini mampu menempuh jarak yang cukup jauh hingga 64 km.

Pengisian daya pun sangat cepat, hanya butuh waktu 6 jam saja dari kondisi baterai kosong hingga penuh. Selain mengisi daya dengan cara dicolok langsung ke stop kontak, Anda juga melakukan pengisian ulang dengan memanfaatkan teknologi swap system yang tertanam di dalamnya.

Secara keseluruhan, desain dari kendaraan ini hampir sama dengan PCX biasa. Hal yang membedakannya hanya pada aksen warna pada bodi serta stop lamp yang sudah menggunakan teknologi LED.

3. Viar Q1

Viar Q1 versi terbaru resmi diluncurkan pada tahun 2019 saat event Gaikindo Indonesia International Auto Show. Motor bertenaga listrik ini berhasil diciptakan berkat kerjasama antara Viar dan Bosch, yaitu produsen otomotif asal Jerman.

Prinsip kerja motor listrik ini menggunakan tenaga yang berasal dari dua buah baterai. Masing masing baterai memiliki kapasitas 60 V. Dengan besarnya tenaga yang dihasilkan, Viar Q1 mampu melaju mulus dengan jarak maksimal 120 km.

Pengisian baterai semakin mudah dengan hadirnya teknologi swapping baterai. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pengisian dengan cara biasa. Pengisian ulang memerlukan waktu yang singkat, hanya 5 jam saja sampai baterai penuh.

4. Selis E-Max

Kendaraan dengan bodi ramping dan desain minimalis ini diperuntukkan bagi penggunaan jarak dekat saja. Misalnya ketika akan bepergian di sekeliling komplek rumah saja.

Kapasitas baterai yang disematkan pada kendaraan ini sebesar 60 Volt. Dengan jumlah tenaga tersebut, motor bertenaga listrik ini mampu menempuh jarak maksimal 40 km dengan kecepatan 50 km/jam.

Sayangnya, pengisian daya hanya bisa menggunakan colokan langsung dan memakan waktu sampai 6 jam. Meski dibandingkan dengan merk lainnya, fungsionalitas motor ini masih kurang. Namun, banyak konsumen yang tertarik membeli karena harga yang ditawarkan relatif rendah.

5. EC-GO2

GCT sebagai produsen dari motor bertenaga listrik EC-GO2 sengaja menampilkan desain yang unik dengan tumpuan kaki yang cukup tinggi. Dengan begitu, Anda bisa melewati genangan air dengan mudah sehingga sistem kelistrikan pada mesin lebih aman.

Jarak maksimal yang mampu dilewati kendaraan ini mencapai 80 km dengan kecepatan 70 km/jam. Ada banyak fitur terbaik yang terdapat pada jenis motor ini. 

Mulai dari GPS hingga monitor yang berisi informasi mengenai kecepatan, daya baterai, suhu kendaraan, hingga lokasi pengisian baterai terdekat.

Ada banyak pilihan motor listrik terbaru 2022 yang akan diluncurkan. Masing-masing merk dan tipe memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebaiknya, Anda memilih yang sesuai kebutuhan agar tidak sampai over budget. 

Exit mobile version