Motor MotoGP Sekarang Dijual Bebas

Motor MotoGP Sekarang Dijual Bebas

Motor MotoGP Sekarang Dijual Bebas

Derots Media – Tahukah Anda jika harga motor MotoGP yang biasa Anda lihat di layar kaca memiliki harga yang sangat fantastis? Bahkan, kabarnya harga 1 unit motor MotoGP bisa lebih mahal daripada harga mobil sport keluaran produsen otomotif terkemuka.

Hal ini tentu saja tidak mengherankan. Selain karena kendaraan ini bukan kendaran biasa, semua komponen kendaraan dibuat di luar negeri sehingga Anda harus impor yang mana tentu saja ada pajak yang harus dibayarkan.

4 Cara Membeli Motor dari Luar Negeri

Sepeda motor besar seperti yang dipakai di balapan MotoGP merupakan produk luar, maka mau tidak mau Anda harus impor atau membelinya dari luar negeri. Karena impor, maka tentu saja ada berbagai prosedur yang harus dipatuhi.

Jika Anda benar-benar tertarik untuk membeli motor seperti itu, maka berikut adalah beberapa cara impor sepeda motor dari luar negeri yang perlu Anda ketahui:

1. Pilih Dealer Terpercaya

Perlu diketahui jika membeli motor impor bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu membeli melalui pemegang merek atau membeli melalui dealer terpercaya. Cari dealer yang mampu mengurus berbagai syarat pembelian motor dari luar negeri.

Jika Anda memilih menggunakan jasa dealer maka berarti Anda memilih jasa impor umum. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih importir terpercaya yang sudah berpengalaman serta memiliki reputasi yang baik dalam hal pembelian kendaraan dari luar negeri.

2. Siapkan Form A dan Dokumen Penting Lainnya

Bagi yang belum tahu, form A merupakan berkas yang digunakan dalam proses impor kendaraan. Tidak hanya form A, Anda juga harus menyiapkan fotocopy identitas serta surat izin lainnya yang dibutuhkan berkaitan dengan setir kiri.

Perlu diingat jika pengurusan dokumen dan berkas lainnya tidak hanya untuk yang di Indonesia saja, melainkan juga dokumen dan berkas pembelian dari negara asal kendaraan yang dibeli. Semua harus lengkap karena jika tidak maka terpaksa akan ditahan oleh pihak bea cukai.

3. Perhatikan Aturan Bea Cukai

Sebelum membeli kendaraan dari luar negeri, sangat disarankan bagi Anda untuk memperhatikan aturan bea cukai yang berlaku saat ini. Hal ini penting karena aturannya bisa berubah-ubah sesuai dengan kondisi khususnya di masa pandemi seperti sekarang ini.

Bea cukai sendiri sebenarnya sudah termasuk pajak impor dan sebagainya. Hal ini penting untuk diketahui karena ada beberapa barang impor khususnya kendaraan mewah yang memiliki pajak lumayan besar. Bahkan, mungkin pajaknya bisa lebih tinggi dibandingkan harga kendaraan.

4. Buat Perhitungan Biaya

Hal paling penting ketika membeli motor impor adalah membuat perhitungan biaya untuk pengiriman. Jika membeli melalui dealer maka pengiriman akan diurus oleh dealer. Meski begitu, Anda masih harus memperkirakan biaya pengurusan di bea cukai  yang kadang lumayan mahal.

Agar tidak tertipu, Anda bisa mengecek sendiri biayanya secara langsung di pihak bea cukai. Biasanya, mereka akan memberikan informasi mendetail mengenai apa saja biaya yang harus Anda bayarkan.

Berapa Spesifikasi dan Harga Motor Valentino Rossi?

Ketika berbicara MotoGP, pikiran Anda langsung tertuju pada 1 nama, Valentino Rossi. Pergelaran MotoGP musim ini bisa dikatakan menjadi yang paling istimewa karena musim ini adalah balapan terakhirnya sebelum resmi pensiun.

Pada musim terakhir ini, Rossi diketahui menggunakan motor Yamaha YZR-M1 yang memiliki kapasitas sebesar 800cc dengan power lebih dari 239 HP. Kendaraan ini memiliki rangka aluminium twin tube Delta Box dengan multi adjustable steering geometry.

Bodi kendaran ini dibuat dengan pertimbangan untuk menjaga keseimbangan saat digunakan. Terlebih kendaraan ini memiliki mesin liquid cooled inline dengan 4 silinder crossplane crankshaft yang  membuatnya memiliki performa luar biasa.

Meski di musim ini Rossi membeli klub satelit, namun sebagai pembalap senior yang sudah memiliki banyak pencapaian dirinya. Tentu saja, ia mendapatkan kesempatan istimewa dengan memiliki motor berkemampuan istimewa seperti ini.

Jika Anda tertarik untuk memiliki kendaraan yang sama seperti yang dimiliki oleh The Doctor, maka Anda harus siap-siap merogoh kocek sebanyak Rp50 miliar. Harga tersebut belum termasuk biaya lain-lain seperti biaya pengiriman, pajak, dan sebagainya.

Jika dihitung dengan biaya-biaya tersebut, maka Anda harus mengeluarkan biaya transportasi sekitar 2 juta Euro atau sekitar Rp33 miliar. Bila ditambahkan dengan harga kendaraan, maka totalnya adalah sekitar Rp83 miliar. Jauh lebih mahal dibandingkan dengan mobil mewah impor.

Berapa Sebenarnya Harga Kendaraan MotoGP?

Jika melihat dari harga serta spesifikasi motor yang digunakan oleh Valentino Rossi, maka jangan heran jika harga rata-rata kendaraan yang digunakan di MotoGP menang saat fantastis. Harganya sendiri tidak kalah dengan harga mobil-mobil sport yang harganya miliaran rupiah.

Meski tidak banyak yang memilikinya, namun sebenarnya motor MotoGP sekarang dijual bebas termasuk juga di Indonesia. Namun, harganya yang mahal tentu buat tidak semua kalangan bisa memilikinya.

Sejauh ini kalangan public figure yang diketahui memiliki kendaraan ini adalah Youtuber dan pecinta satwa Alshad Ahmad yang juga merupakan seorang pembalap profesional. Dirinya diketahui memiliki RCV213V S yang dulu sempat dikendarai oleh Marc Marquez.

Kendaran ini diperkirakan dijual dengan harga lebih dari Rp8 miliar. Sungguh sebuah harga yang sangat fantastis untuk sebuah sepeda motor, meski tentu saja performanya sepadan dengan harga yang ditawarkan.

Bagaimana dengan Mesin Motor MotoGP?

Jika harga motornya saja sudah mencapai miliaran, pernahkah Anak berpikir berapa harga mesin motor MotoGP yang dikenal memiliki kapasitas sangat besar serta performa yang kuat tersebut? Tentu saja harganya tidak kalah fantastis.

Beberapa info penting mengenai harga yang perlu diketahui:

  • Menurut beberapa informasi yang berhasil diperoleh, mesin motor kelas atas seperti yang bisa digunakan untuk perlombaan MotoGP rata-rata dijual dengan harga 250 ribu Euro atau sekitar Rp4,1 milyar. 
  • Biaya tersebut tentu belum termasuk biaya perbaikan jika mesin mengalami masalah sewaktu-waktu.
  • Belum lagi biaya komponen untuk menunjang kinerja mesin yang juga tidak kalah mahal. Menurut laporan, komponen pendukung seperti kabel, sensor, dan panel bisa mencapai harga 100 ribu Euro.
  • Bila dikonversikan dalam rupiah, maka Anda harus mengeluarkan biaya sekitar Rp1,6 miliar hanya untuk komponen penunjang mesinnya saja.
  • Bahkan, menurut beberapa sumber disebutkan jika tidak ada komponen motor MotoGP yang harganya dibawah 1.000 Euro.
  • Hal ini tentu juga berlaku untuk komponen ringan seperti ban dan velg. Perlu Anda ketahui jika harga komponen seperti ban dan velg bisa mencapai 13 ribu Euro lebih atau sekitar Rp215 juta. Ini baru harga 1 buah ban. 
  • Belum lagi ada biaya tambahan jika ada kecelakaan atau hal-hal diluar kendali.

Perlu diketahui jika setiap pembalap mendapatkan jatah masing-masing 22 ban tipe slick dimana 10 buah ban untuk ban depan dan 12 ban untuk ban belakang. Menurut informasi yang diperoleh, pihak penyelenggara biasanya harus menyediakan sekitar 1.400 buah ban untuk pertandingan.

Harga ban dan velg yang terbilang fantastis ini, tentu saja sesuai dengan kualitasnya. Berbeda dengan ban dan velg biasa, komponen yang digunakan pada motor MotoGP didesain secara khusus dan dibuat menggunakan teknologi terkini.Melihat harga komponen-komponen terkecilnya yang sudah memiliki harga tinggi, maka jangan heran jika harga ban dan velg motor MotoGP bisa mencapai puluhan miliar rupiah. Selain karena menggunakan material terbaik, kendaraan ini juga dijamin memiliki performa yang luar biasa.