Rekomendasi Membeli Sepeda Listrik Solusi Anti Polusi yang Menyehatkan

Rekomendasi Membeli Sepeda Listrik Solusi Anti Polusi yang Menyehatkan

Rekomendasi Membeli Sepeda Listrik Solusi Anti Polusi yang Menyehatkan

Derots Media – Meski sama-sama sepeda, namun sepeda listrik sedikit berbeda dengan sepeda manual sehingga membelinya juga tidak sembarangan. Mengingat harganya yang mahal, maka ada baiknya jika Anda mencari dulu berbagai tips sebelum membeli sepeda listrik agar tidak rugi di kemudian hari.

5 Tips Membeli Sepeda Listrik

Membeli sepeda listrik memang bukan perkara yang mudah sebab setiap sepeda listrik memiliki kelebihan, kekurangan, serta kapasitas baterai yang berbeda-beda. Hal ini penting untuk diketahui karena peruntukanya tidak sama.

Agar Anda tidak kecewa membeli sepeda listrik yang tidak sesuai dengan kebutuhan, maka ada baiknya untuk mengikuti tips-tips mudah di bawah ini sebelum membeli sepeda listrik:

1. Mengenal Jenis Baterai yang Digunakan

Tidak bisa dipungkiri jika baterai merupakan bagian terpenting dari kendaraan listrik, termasuk sepeda listrik. Kendaraan listrik yang bagus dan awet seharusnya juga memiliki baterai yang berkualitas. Jenis baterai yang umum digunakan untuk sepeda listrik sebenarnya ada banyak.

Meski begitu, kebanyakan masyarakat lebih familiar dengan jenis baterai LIPO, NIMH, Li ION, Li2TiO3, dan LifePO4. Meski sama-sama baterai listrik, namun semua jenis baterai yang disebutkan tadi memiliki kualitas dan kapasitas yang berbeda-beda sehingga pastikan tidak salah beli.

2. Tahu Siklus Pengisian

Karena kualitas dan kapasitas baterai sepeda listrik berbeda-beda tergantung jenisnya, maka sangat penting untuk memahami siklus pengisian baterai sepeda tersebut sebelum membelinya. Sebab, jika Anda salah melakukan pengisian maka baterai kendaraan tersebut akan cepat rusak.

Untuk mengetahui cara pengisian baterai sepeda listrik yang benar, pertama-tama Anda harus tahu siklus pengisian baterainya terlebih dahulu. Hal ini biasanya sudah tertera di buku panduan yang diberikan ketika Anda membeli kendaran tersebut.

3. Tahu Kapasitas Daya Baterai Kendaraan

Sebelum membeli sepeda listrik, ada baiknya untuk tahu kapasitas baterai sepeda yang diincar. Jika Anda suka bepergian jauh, maka sebaiknya pilih sepeda listrik dengan kapasitas baterai yang besar begitu pula sebaliknya.

Jangan segan-segan untuk bertanya atau mencari tahu kapasitas baterai sepeda yang diincar agar Anda tidak menyesal membeli kendaraan tersebut dikemudian hari. Pasalnya, harga sepeda listrik tidak bisa dikatakan murah.

4. Tanyakan Detail dan Bahan yang Digunakan

Sama seperti sepeda manual, sepeda listrik juga terbuat dari berbagai bahan yang berbeda-beda. Sebelum membeli, ada baiknya untuk mengecek kondisi komponen sepeda tersebut apalagi jika Anda membeli sepeda listrik bekas. Pastikan semuanya dalam kondisi baik sebelum membelinya.

Bila dirasa perlu, Anda bahkan bisa mencoba untuk menggunakannya terlebih dahulu untuk mengetes kualitas kendaraan tersebut. Jika ada bagian atau komponen yang rusak, maka Anda akan langsung tahu dan bisa meminta ganti yang baru.

Rekomendasi Membeli Sepeda Listrik Terbaik

Seperti yang sudah disebutkan, jika sepeda listrik memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Namun, jika Anda masih termasuk awam dalam hal ini dan bingung memilih sepeda listrik mana yang sebaiknya dibeli, berikut adalah daftar rekomendasi sepeda listrik yang kiranya bagus untuk dimiliki:

1. Xiaomi QiCycle

Sepeda lipat ini dibandrol dengan harga sekitar Rp6 juta dan memiliki motor dengan kapasitas 36 volt 250 watt sehingga mampu berjalan sejauh 45 km dalam sekali pengisian. Sepeda ini tidak terlalu berat karena bobotnya hanya sekitar 14,5 kg saja sehingga mudah dibawa kemana-mana.

2. Xiaomi Himp Z20

Produk ini sedikit lebih mahal dari produk sebelumnya karena dijual dengan harga sekitar Rp8 jutaan. Beratnya juga jauh lebih berat yaitu sekitar 21 kg, namun diketahui mampu menerima beban hingga 100 kg.

Untuk kapasitas motor dan baterainya belum diketahui, namun kendaraan ini mampu melaju hingga 25 km per jam serta mampu bisa mencapai jarak maksimum sejauh 55 km dalam sekali pengisian.

3. Polygon Sage V3

Sepeda listrik ini sangat cocok untuk Anda yang ingin bersepeda ke tempat kerja karena desainnya sangat simple dan dinamis. Sepeda ini diketahui mampu menempuh jarak hingga 85 km dalam kondisi baterai penuh.

Tidak hanya itu, produk ini juga mempunyai 5 tingkatan sistem assist yang bisa Anda atur sesuai kebutuhan. Sepeda listrik ini dijual di pasaran dengan harga sekitar Rp13 jutaan.

4. United E-Gravrill

Sepeda ini sangat cocok dikendarai di segala medan sehingga jangan heran jika harganya sangat mahal. Sepeda ini dijual dengan harga hampir Rp50 juta di pasaran. Meski mahal, namun kualitasnya tentu sebanding dengan harganya.

Produk ini diketahui sangat nyaman dan aman digunakan untuk bersepeda. Tidak hanya itu, sepeda listrik ini juga memiliki jarak tempuh hingga 70 km dalam kondisi baterai penuh.

Tips Membeli Sepeda Listrik Bekas

Seperti yang diketahui jika harga sepeda listrik memang lumayan mahal sehingga banyak orang yang akhirnya lebih memilih membeli sepeda listrik bekas karena harganya jauh lebih terjangkau. Maski dari segi harga jauh lebih murah, namun tetap ada kekurangan dari membeli produk bekas.

Salah satunya adalah sepeda listrik bekas cenderung lebih mudah rusak dan tidak awet. Oleh sebab itu, jika Anda ingin membeli sepeda listrik bekas ada baiknya untuk melihat langsung kondisi sepeda yang akan dibeli. Hindari membeli secara online kecuali di marketplace yang sangat terpercaya.

Dengan begitu, Anda bisa melihat sendiri keadaan komponen serta rangka produknya. Bahkan, Anda juga bisa mencobanya agar lebih yakin dengan kualitasnya.

Cara Mudah Merawat Sepeda Listrik

Merawat sepeda listrik tentu tidak sama dengan merawat sepeda manual atau sepeda konvensional. Agar menjaga sepeda listrik tetap awet, berikut adalah tips perawatan sepeda listrik yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan dan merawatnya di rumah.

Rutin Cek Rantai Sepeda

Dibandingkan sepeda biasa, kondisi rantai sepeda listrik perlu lebih banyak perhatian karena lebih mudah melar. Anda bisa mengeceknya dengan menggunakan alat checker rantai sepeda. Tidak hanya itu, Anda perlu memberikan pelumas secara rutin agar rantai tidak mudah rusak.

Anda bisa memberikan, baik pelumas basah maupun kering agar rantai sepeda tetap awet. Meski begitu, menurut beberapa ahli pelumas basah lebih disarankan karena cenderung lebih tahan lama dan hasilnya jauh lebih bersih dibandingkan dengan pelumas kering.

Jaga Tekanan Ban

Belum banyak yang tahu jika tekanan ban sepeda listrik akan mempengaruhi konsumsi baterai. Hal ini sebenarnya bukan hal yang aneh mengingat jika tekanan ban sepeda kurang optimal, maka akan membuat sepeda tersebut kurang bisa dikendalikan terutama saat melakukan pengereman.

Hal ini jelas sangat berbahaya karena bisa menimbulkan kecelakaan yang membahayakan pengguna sepeda tersebut.

Periksa Kabel Penghubung Motor dengan Baterai

Khusus bagi Anda yang perlu mengeluarkan baterai sepeda listrik, saat akan diisi ulang sangat disarankan untuk lebih sering memeriksa kondisi kabel yang menghubungkan baterai dengan mesin motor sepeda.

Sedikit saran agar sepeda listrik Anda tetap awet adalah dengan langsung mengisi ulang daya baterai kendaran tersebut begitu selesai dipakai.

Pastikan Komponennya Terpasang dengan Benar

Komponen-komponen sepeda listrik, seperti baut dan mur harus dipasang dengan pas sebab hal ini akan mempengaruhi kenyamanan selama bersepeda. Komponen yang dipasang dengan sempurna akan mengurangi guncangan ketika Anda mengendarai sepeda tersebut.

Tidak hanya baut dan mur saja, pastikan juga bantalan rem dalam kondisi bagus. Bantalan rem yang bagus bisa dilihat dari kondisi cakram masih terlihat bagus dan tidak aus. Jika sudah aus atau sejenisnya, maka perlu langsung diganti.

Selain itu, perhatikan juga suspensi udara sepeda listrik. Suspensi sepeda listrik tidak bisa dibiarkan terlalu lunak atau terlalu keras melainkan harus dijaga pengaturan. Pengaturan suspensi ini biasanya sudah langsung dari pabrik sehingga Anda hanya perlu menjaganya tetap sama.

Sepeda listrik yang sedang populer, terutama di kalangan anak muda perkotaan. Selain terkesan canggih, kendaraan ini juga sangat ramah lingkungan sehingga tidak heran jika ada yang menganggap  sepeda listrik solusi transportasi anti polusi di daerah urban.

Selain ramah lingkungan, menurut penelitian ada manfaat sepeda listrik untuk kesehatan. Menurut para ahli, mengayuh sepeda listrik diketahui sama dengan melakukan Anda melakukan olahraga kardio yang menyehatkan jantung.

Exit mobile version