Tips Memilih dan Membeli Mobil Second

Tips Memilih dan Membeli Kendaraan Second

Tips Memilih dan Membeli Kendaraan Second

Derots Media – Membeli kendaraan bekas atau second merupakan alternatif yang banyak dipilih masyarakat. Namun, sayangnya masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara memilih mobil second berkualitas dengan harga terjangkau. Terlebih saat ini ada banyak sekali pilihan kendaraan.

Mengingat membeli mobil merupakan hal yang penting maka tidak heran jika ada banyak pertanyaan yang sering dikemukakan oleh orang-orang sebelum membeli mobil bekas. Kira-kira, apa sajakah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh masyarakat? Simak penjelasannya.

5 Tips Membeli Kendaraan Second yang Bagus

Memilih kendaraan memang bukan hal yang mudah sebab perlu kesabaran serta ketelitian agar bisa membeli kendaraan yang dinginkan dengan harga terbaik. Meski dari luar terlihat rumit,namun sebenarnya ada beberapa tips memilih dan membeli kendaraan second yang bisa digunakan.

Jika Anda tertarik, berikut adalah deretan tips yang bisa Anda gunakan. Caranya cukup sederhana dan mudah diikuti sehingga Anda yang masih awam dengan dunia otomotif juga bisa menggunakannya.

1. Mengecek Riwayat Service Kendaraan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengecek daftar riwayat service kendaraan yang diincar. Dengan begitu, Anda akan tahu apakah kendaraan tersebut dirawat dengan baik oleh pemilik sebelumnya atau tidak.

Riwayat service atau yang disebut juga dengan service record, biasanya menyimpan data-data tentang jadwal rutin service kendaraan yang bersangkutan. Anda jadi bisa tahu apakah kendaran tersebut kondisinya masih layak jalan atau tidak.

Sebagai tambahan, sebaiknya pilih kendaraan yang melakukan servis di bengkel resmi agar riwayatnya bisa lebih meyakinkan. Selain itu, keaslian suku cadang yang diganti selama service rutin juga bisa lebih terjamin.

2. Cek Kondisi Interior dan Eksterior

Selain bagian luar kendaraan, Anda juga perlu mengecek bagian interiornya mulia dari dasbor, audio, karpet, jok kursi, dan sebagainya. Pastikan semua baginya dalam kondisi bagus dan berfungsi normal terutama bagian AC, sabuk pengaman, rem, dan juga lampu hazard.

Dengan memeriksa bagian interior, Anda juga akan tahu apakah kendaran tersebut pernah bekas banjir atau tidak. Hal ini dikarenakan kendaraan bekas banjir biasanya akan memiliki bekas kotoran yang mengendap dan sulit untuk dibersihkan.

3. Cek Mesin

Selain bagian interior dan eksterior, bagian mesin juga menjadi bagian yang tidak boleh dilewatkan. Bila perlu, Anda bisa membuka kap kendaraan serta menyalakan mobil tersebut untuk mengecek kondisi mesinnya.

Perhatikan kelengkapan serta kondisi semua komponen mesinnya. Jika ada kerusakan, biasanya hal itu bisa diketahui dari suara mesinnya yang terdengar berbeda dari suara mesin mobil kebanyakan. Jangan lupa untuk mengecek apakah ada kebocoran oli atau tidak.

Jika kondisi mesin terlihat sempurna, baru Anda bisa minta untuk test drive. Saat test drive, coba perhatikan tarikan, transmisi, tarikan gas, dan sebagainya.

4. Pastikan Dokumennya Lengkap

Kelengkapan dokumen tentu menjadi hal penting ketika membeli kendaraan bekas. Sebelum membeli, pastikan jika kendaraan tersebut memiliki dokumen lengkap seperti STNK dan BPKB. Jangan lupa cocokan data-data di dokumen tersebut dengan nomor rangka yang ada di kendaraan.

5. Bawa Mekanik Sendiri

Jika Anda masih ragu dan kebetulan Anda juga tidak punya pengetahuan tentang otomotif yang mumpuni maka sangat disarankan untuk membawa mekanik terpercaya. Mekanik inilah yang nantinya akan memberikan penilaian apakah mobil yang Anda incar bagus atau tidak.

Hal ini untuk menghindari tindak penipuan terutama jika Anda membeli mobil bekas dari perorangan. Karena Anda yang membayar mekanik tersebut, maka opini dari mekanik tersebut jelas akan lebih akurat. Oleh sebab itu, pastikan untuk memilih mekanik yang berpengalaman.

Bagaimanakah Perawatan Mobil Bekas yang Baik?

Setelah membeli kendaraan bekas, tentu Anda juga harus tahu mengenai cara merawatnya. Karena mobil bekas, tentu cara perawatan dan biaya yang harus dikeluarkan sangat berbeda dengan mobil-mobil baru yang keluar dari showroom.

Selain perawatan rutin seperti service bulanan dan dibersihkan setiap hari, ada berapa perawatan khusus yang perlu Anda lakukan ketika merawat kendaraan bekas. Apa sajakah itu? Berikut adalah penjelasanya:

1. Rutin Ganti Oli

Jika punya mobil bekas, Anda harus rutin mengganti oli kendaraan tersebut dan jangan sampai membiarkan olinya mengendap terlalu lama. Meski terdengar sepele, namun hal ini sangat penting untuk menjaga kualitas dan performa mesin kendaraan.

Jika oli tidak diganti secara rutin, maka hal ini bisa membuat mesin terasa kering sehingga bisa membuat gesekan antar komponen yang membuat mesin kendaraan cepat rusak. Apalagi untuk mobil bekas yang kilometernya sudah banyak karena akan mempengaruhi performanya.

2. Cek Cairan Radiator

Cairan coolant atau radiator merupakan elemen penting yang mempengaruhi suhu kendaraan. Anda jangan sampai membiarkan cairan radiator sampai kosong karena hal ini akan membuat kendaraan Anda mengalami kerusakan yang lumayan parah.

Hal ini dikarenakan cairan radiator yang kosong bisa membuat suhu di kendaraan menjadi sangat tinggi sehingga bisa membuat mesin mengalami overheating. Jika sudah begini, maka performa mesin akan mengalami penurunan yang lumayan drastis.

3. Bersihkan Sistem Karburasi

Perlu Anda ketahui jika mobil bekas yang sudah lama tidak digunakan bisa menimbulkan kerusakan pada bagian karburasi akibat kotoran yang menumpuk. Hal ini dikarenakan tidak adanya pembuangan gas yang dilakukan sehingga membuat mesin kendaraan sering sulit dihidupkan.

Oleh karena itu, agar mesin kendaraan mudah dihidupkan untuk pertama kali maka Anda perlu membersihkan filter yang ada di sistem karburasi secara rutin. Cara membersihkan juga sangat sederhana karena Anda cukup menyikat kotoran yang menempel dengan sikat gigi bekas.  

4. Periksa Komponen Kendaraan

Terakhir adalah memeriksa semua komponen kendaraan. Karena mobil bekas, maka pastikan semua komponen kendaraan harus dalam kondisi baik agar performanya tidak cepat berubah. Pemeriksaan ini bisa dilakukan di bengkel resmi agar Anda mendapatkan pelayanan yang terbaik.

Perlu diketahui jika biaya perawatan mobil bekas bisa lumayan mahal, tergantung kondisi mobil tersebut. Oleh karena itu, agar Anda nantinya tidak mengeluarkan biaya yang sangat besar maka ada baiknya Anda memilih asuransi untuk biaya perbaikan mobil bekas.

Saat ini sudah banyak asuransi kendaraan yang menawarkan proteksi untuk kendaraan second atau bekas dengan premi yang menarik. Hal ini tentu sangat penting mengingat semakin tua usia mobil maka biaya perawatnya akan semakin meningkat.

Rekomendasi Tempat Jual Beli Mobil Bekas Terbaik

Agar tidak tertipu ketika membeli mobil bekas, maka ada baiknya jika Anda memilih tempat yang terpercaya. Salah satu tempat jual-beli kendaraan bekas yang banyak disarankan oleh orang-orang biasanya adalah showroom atau dealer khusus yang memang menjual mobil bekas.

Meski begitu, Anda juga bisa mepertimbangkan untuk membeli mobil bekas melalui balai lelang yang saat ini sudah mulai banyak muncul di kota-kota besar Indonesia. Selain jenis kendaraan yang ditawarkan lebih banyak, prosesnya juga jauh lebih mudah dan terpercaya.

Meski saat ini Anda juga bisa membeli kendaraan bekas melalui beberapa e-commerce, namun rasanya cara ini belum bisa memberikan jaminan kepuasan. Selain ada banyak kasus penipuan, Anda juga harus bertemu langsung dengan penjual untuk memastikan kondisinya.

Ada banyak pertanyaan umum mengenai mobil bekas yang banyak ditanyakan oleh masyarakat. Informasi yang diberikan ini diharapkan bisa membantu Anda kusnya yang sedang mencari kendaraan second agar bisa menemukan kendaraan impian dengan harga serta kualitas terbaik.