Tips Mengganti Oli Mesin Motor Matic

Oli Mesin Motor Matic

DerotsmediaFungsi oli pada kendaraan sangatlah penting, yakni sebagai pelumas untuk melindungi komponen mesin yang saling bergesekan ketika kendaraan digunakan. Agar mesin lebih awet dan performanya prima, Anda harus rutin untuk mengganti oli kendaraan Anda.  Perawatan kendaraan yang tidak disiplin waktu seperti telat ganti oli motor bisa berdampak buruk pada kondisi motor. Lantas, kapankah waktu yang tepat untuk mengganti oli motor matic Anda? Cek beberapa tips di bawah ini dalam mengganti oli!

Pahami Jenis Oli dan Fungsinya

Ada 2 jenis oli yang berbeda yang dikenal dengan oli mesin (transmisi) dan oli gardan. Keduanya sama-sama merupakan pelumas, tetapi ditujukan bagi komponen yang berbeda. Berikut ini merupakan sekilas info mengenai jenis oli yang ada.

Oli mesin (transmisi) 

Oli transmisi atau yang dikenal juga dengan oli mesin, merupakan pelumas yang diperuntukkan bagi perlindungan komponen transmisi. Jenis oli ini ada pada kendaraan manual maupun matic. Ada beberapa tujuan keberadaan oli transmisi, di antaranya yaitu agar kinerja lebih halus, menjaga temperatur transmisi tetap normal, hingga menjaga agar komponen tidak aus. Terlambat mengganti oli transmisi bisa mengakibatkan komponen mesin menjadi aus bahkan bisa terbakar. Jika sudah begini, Anda malah harus mengeluarkan biaya yang besar karena komponen tak dapat diperbaiki melainkan hanya bisa diganti dengan yang baru.

Pada jenis kendaraan matic, oli transmisi juga berguna untuk menghantarkan tenaga penggerak gigi transmisi matic itu sendiri. Tanpa adanya saluran tenaga ini, motor matic Anda bisa mogok. Oleh sebab itu, Anda harus rajin mengganti oli transmisi sesuai dengan interval waktu yang sewajarnya.

Oli gardan

Oli gardan merupakan pelumas bagi putaran roda dari poros pemutar roda atau yang dikenal dengan istilah Axle Shaft. Selain itu, oli ini juga berfungsi sebagai pengatur kecepatan roda saat berbelok hingga menjaga stabilitas kendaraan saat melaju. 

Disiplin Waktu

Gantilah oli sesuai dengan kilometer yg tertera pada motor masing-masing dan usahakan agar jangan sampai telat. Perlu diketahui bahwa interval ganti oli motor matik berbeda dengan motor bebek, motor kopling, atau jenis motor lainnya. Interval atau jangka waktu ini berhubungan juga dengan jenis oli. Penggantian oli transmisi pada motor matic sebaiknya dilakukan setiap motor menempuh jarak 2000 kilometer. Sementara itu, oli gardan biasanya memiliki interval yang lebih panjang untuk jangka waktu penggantiannya. Kurang lebih setiap motor menempuh jarak 8000 kilometer, Anda bisa ganti oli gardan motor matic Anda. Sama pentingnya dengan oli transmisi, oli gardan pun harus diganti jika sudah saatnya untuk menghindari kerusakan pada motor.

Anda mungkin berpikir bahwa pengeluaran akan membludak jika Anda sering menempuh jarak jauh hingga wajib sering untuk mengganti oli. Namun, jangan khawatir karena walaupun frekuensi penggantiannya harus rutin, ganti oli motor matik harga di bawah 90 ribu saja lho! Biaya yang harus Anda keluarkan bahkan tidak sampai Rp 100.000 untuk kedua jenis oli sekali ganti. Malahan, bila Anda telat menggantinya, justru tagihan bengkel akan membludak. Pasalnya, mesin motor matic Anda bisa terdampak dan mengalami kerusakan sehingga perlu digantikan komponen baru. Harga komponen tentunya lebih tinggi dibanding sekedar oli saja. Belum lagi, persoalan mesin rusak bisa merembet ke mana-mana sehingga akan lebih banyak lagi biaya yang dikeluarkan jika tidak segera ditangani. Itulah sebabnya, sudah seharusnya para pengguna motor matic (berlaku pula bagi jenis kendaraan bermotor lainnya) belajar disiplin dalam mengatur waktu ganti oli.

Sesuaikan Formula Oli dengan Kebutuhan Motor

Memilih tingkat kekentalan oli transmisi Anda sesuai kebutuhan menjadi salah satu cara memilih oli terbaik. Kebutuhan yang dimaksud yaitu seperti pemakaian harian menggunakan oli yang tidak terlalu kental. Sebaliknya, apabila kerap berkendara keluar kota, sebaiknya menggunakan oli yg kental untuk kendaraan Anda. Berkendara ke luar kota tentu akan memakan waktu dan jarak yang lebih jauh sehingga oli yang kental akan sangat berguna untuk melindungi mesin Anda di perjalanan yang jauh.