Tips Mengurus Pajak Kendaraan 2022

Tips Mengurus Pajak Kendaraan 2022

Tips Mengurus Pajak Kendaraan 2022

Derots Media – Banyak yang berpikir jika mengurus pajak kendaraan adalah hal yang sangat merepotkan dan memakan waktu. Padahal, jika Anda perhatikan sebenarnya ada banyak tips mengurus pajak kendaraan Anda sendiri.

Dengan tips-tips tersebut maka Anda bisa lebih mudah dalam mengurus berbagai syarat pembayaran pajak dan mutasi kendaraan sehingga tidak perlu menggunakan jasa calo. Selain lebih hemat, ternyata mengurus mutasi kendaraan sendiri juga sebenarnya lumayan praktis dan mudah.

Mengurus Pajak Kendaraan Sendiri

Jika Anda masih termasuk awam dalam hal mengurus pajak kendaraan, maka ada baiknya jika Anda mengikuti deretan tips mengurus pajak kendaraan 2022 terbaru di bawah ini. Dengan begitu, pengurusan pajak kendaran Anda akan berjalan lebih efisien.

1. Pilih Sistem Pajak Online

Saat ini Anda sudah bisa mengurus pajak kendaraan secara online, baik melalui situs atau aplikasi yang sudah ditentukan. Meski tidak semua pengurusan pajak bisa dilakukan secara online, namun setidaknya hal ini akan sangat membantu Anda.

Selian lebih praktis, cara ini juga lebih transparan karena semuanya memiliki rekam jejak digital yang kuat. Tidak hanya itu, sistem online juga sangat direkomendasikan selama musim pandemi seperti sekarang ini karena Anda tidak perlu jauh-jauh ke kantor Samsat untuk mengurus pajak kendaraan.

Cukup menggunakan smartphone dan akses internet, Anda sudah bisa mengurus semuanya di rumah sendiri. Oleh karena itu, Anda tidak perlu melakukan kontak dengan banyak orang sehingga meningkatkan risiko penularan Covid-19.

2. Persiapkan Softcopy Dokumen yang Dibutuhkan

Mengurus pajak kendaran, baik secara online maupun offline tentu membutuhkan dokumen terkait seperti STNK, BPKB, dan sebagainya. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya punya file berkas-berkas tersebut sehingga Anda bisa langsung mengirim atau mencetaknya jika dibutuhkan sewaktu-waktu.

Selain itu, memiliki softcopy dokumen-dokumen penting juga akan menghindarkan Anda dari mengkopi dokumen hingga berapa kali. Hal ini biasanya akan membuat hasil salinan dokumen terlihat lebih buram sehingga sulit dikenali.

3. Bayar dengan Uang Pas

Tidak semua pembayaran pajak kendaraan bisa dilakukan secara online. Hal ini berarti Anda juga tidak selalu bisa melakukan pembayaran secara online alias harus menggunakan cash. Hal ini tentu saja kurang praktis dan bisa memakan waktu lama.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, maka Anda sebaiknya membayar menggunakan uang pas. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot menunggu uang kembalian. Cukup lakukan pembayaran dan Anda bisa langsung pulang ke rumah.

4. Jangan Gunakan Jasa Calo

Menggunakan jasa calo merupakan hal yang cukup lazim dilakukan. Namun, Anda sebaiknya tidak menggunakan jasa calo untuk mengurus pajak kendaraan. Selain biayanya mahal, menggunakan jasa calo sebenarnya juga rawan akan tindakan penipuan.

Terlebih saat ini urusan pembayaran pajak dan sebagainya sudah lebih mudah dan transparan sehingga Anda bisa melakukanya sendiri.

Bagaimana dengan Mutasi Kendaraan?

Selama ini orang-orang cukup malas mengurus mutasi kendaraan sendiri karena menganggap prosesnya sangat ribet sehingga banyak yang menggunakan jasa calo. Padahal sebenarnya urusan ini bisa dilakukan sendiri.

Agar Anda tidak terjebak dan bingung saat mengurusnya, maka Anda bisa menggunakan tips mutasi kendaraan mudah untuk mutasi kendaraan di bawah ini:

  1. Cari Tahu Informasi Lengkap

Hal pertama yang bisa Anda lakukan, tentu saja adalah mencari informasi lengkap tentang mengurus mutasi kendaraan. Perlu diketahui jika syarat dan biaya mutasi bagi kendaraan roda 2 dan roda 4 itu berbeda sehingga agar tidak salah Anda perlu mencari info lengkapnya.

Tidak hanya jenis kendaraannya saja yang berbeda, status kendaraan juga sangat berpengaruh pada proses mutasinya. Kendaraan milik pemerintah, BUMN, dan BUMD jelas memiliki persyaratan tambahan dibandingkan dengan kendaraan milik pribadi atau swasta.

  1. Persiapkan Berkas-Berkasnya

Setelah mencari tahu informasi lengkapnya, selanjutnya Anda bisa mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan. Karena beberapa dokumen butuh waktu berapa hari untuk diproses, maka Anda sebaiknya mempersiapkan dokumen-dokumen tersebut beberapa hari sebelum mengajukan mutasi.

Jangan lupa untuk mengecek setiap dokumen yang akan diserahkan untuk meminimalisir kekeliruan dokumen. Hal ini kadang terjadi bila Anda ingin mutasi kendaraan lintas provinsi.

  1. Bayar Biaya dengan Uang Pas

Menurut pengalaman banyak orang, Anda sebaiknya membayar biaya mutasi kendaraan dengan uang pas. Hal ini akan mempersingkat prosesnya karena Anda tidak perlu menunggu kembalian. Perlu diingat juga jika biaya mutasi antar motor dan mobil berbeda.

Tips Menghadapi Calo

Sudah menjadi rahasia umum jika banyak calo yang kerap menawarkan jasa mengurus pajak kendaraan bermotor. Bahkan, tidak jarang calo-calo tersebut berkeliaran dan mendekati orang-orang yang baru saja datang.

Hal ini jelas saja bisa membuat Anda terganggu, namun banyak yang sulit untuk menghindarinya. Jika Anda baru pertama kali mengurus pajak kendaraan atau hal-hal lainnya di kantor Samsat, maka Anda jelas akan kesulitan untuk menghindari calo-calo tersebut.

Jika Anda ingin menghindari calo-calo tersebut, ada baiknya bila Anda datang langsung ke Samsat baik sendiri atau bersama teman. Urus langsung keperluan Anda dan jangan segan-segan untuk bertanya ke petugas di sana jika ada hal yang tidak Anda ketahui.

Cara ini lebih baik dibandingkan dengan menggunakan jasa calo. Sebab, selain mengurus sendiri jauh lebih mudah ternyata banyak sekali kasus penipuan yang bermodus calo sehingga Anda sebaiknya tidak tergiur tawaran mereka.

Menggunakan Jasa Calo Versus Diurus Sendiri

Salah satu tips mengurus pajak pajak kendaraan sendiri yang paling penting adalah sebisa mungkin menghindari jasa calo. Meski terlihat mudah, namun sebenarnya menggunakan jasa calo sangatlah merugikan dan cenderung tidak efisien.

Selama ini jasa calo memang kerap digunakan oleh masyarakat ketika ingin mengurus berbagai keperluan, termasuk mengurus pajak kendaraan. Hal ini dikarenakan banyak orang yang menganggap jika birokrasi ketika mengurus pajak kendaraan sangatlah berbelit.

Meski begitu, sayangnya menggunakan jasa calo sendiri sangat rawan karena Anda bisa saja menjadi korban penipuan. Kasus penipuan seperti ini sudah sering terjadi dan tidak jarang menimbulkan kerugian yang tidak sedikit.

Oleh sebab itu, Anda sangat disarankan untuk mengurus pajak kendaraan sendiri dan tanpa bantuan orang lain. Terlebih saat ini pengurusan pajak kendaraan semakin mudah dilakukan dengan adanya sistem online yang bisa diakses di mana saja dan kapan saja.

Meski Anda harus meluangkan waktu untuk mempersiapkan persyaratan yang diperlukan, namun rasanya hal ini lebih baik daripada menggunakan jasa calo. Selain rawan terkena tipu, sebenarnya menggunakan jasa calo juga biayanya jauh lebih mahal. 

Beberapa hal yang perlu  diketahui tentang membayar pajak kendaraan sendiri:

  • Perlu Anda ketahui jika saat ini pembayaran pajak kendaraan sudah bisa dilakukan, baik secara online maupun offline.
  • Masing-masing kelas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tinggal pilih mana saja yang cocok dengan keinginan Anda.
  • Jika Anda memilih membayar offline, maka dokumen yang perlu dipersiapkan jelas lebih sedikit.
  • Pembayaran dengan metode online jelas jauh lebih mudah dan praktis. Anda tidak perlu antri sehingga jauh lebih aman di masa pandemi seperti sekarang ini.

Jika Anda tertarik, maka Anda bisa mengakses langsung ke situs resmi Samsat untuk mengetahui info pajak secara online. Dengan begitu, Anda bisa mempersiapkan semua berkas yang diperlukan dengan lebih akurat.