Tips Solo Touring Motor Jarak Jauh

Solo Touring Motor Jarak Jauh

Derotsmedia – Menempuh jarak jauh dengan motor kesayangan Anda bisa menjadi sebuah kebanggaan tersendiri jika Anda merupakan seorang biker sejati. Kegiatan yang dikenal dengan istilah Touring ini sangat banyak diminati di Indonesia sebagai salah satu negara dengan pengguna motor terbanyak. Selain jarak yang hingga ribuan kilometer jauhnya, bikers juga dapat menikmati medan beragam serta pemandangan yang dilalui selama perjalanan. Touring biasa dilakukan dengan cara konvoi atau beriringan dengan para bikers lainnya. Umumnya, touring konvoi dilakukan oleh para pecinta jenis motor yang sama. Alasannya bermacam-macam, ada yang melakukan konvoi sebagai antisipasi karena tak semua orang memahami persoalan mesin motor jenis tertentu. Walau demikian, ada pula yang melakukan solo touring atau touring motor sendiri tanpa diiringi siapapun. Anda salah satunya? Simak beberapa tips dan trik touring motor berikut ini agar tetap aman dan nyaman selama perjalanan.

Persiapan yang matang

Selain fisik Anda sebagai pengemudi, kondisi  motor juga sangat penting untuk dicek sebagai salah satu persiapan touring motor. Harga motor tidak menjadi tolok ukur keamanan touring karena semua motor bisa digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Hanya saja, dewasa ini, beberapa pabrikan motor memang sudah memproduksi motor khusus untuk para pecinta touring. Harga motor touring pabrikan tersebut berkisar mulai Rp 33.000.000,- seperti motor CB150X hingga yang kelas premium di harga Rp 680.000.000,- contohnya motor CRF1100L African Twin.

Pada intinya, motor apapun itu, bawalah motor Anda untuk service ke bengkel karena akan sangat membantu mengamankan perjalanan touring Anda. Beberapa persiapan yang bisa diperhatikan yakni mulai dari ganti oli, mengatur ulang rem, ganti kampas rem, ganti ban, cek tekanan udara hingga cek semua kondisi lampu. Jangan pernah remehkan kendala kecil pada mesin karena perjalanan jarak jauh akan mewajibkan Anda memiliki mesin yang totalitas. Akan sulit bila mesin terkendala di daerah yang tidak Anda kenali, apalagi yang jauh dari keramaian. Dampak yang ditimbulkan bisa sangat fatal hingga membahayakan keselamatan Anda. Sebab itulah, sangat penting untuk memiliki persiapan yang matang sebelum melakukan solo touring.

Cek Perlengkapan Touring

Setelah mempersiapkan mesin motor dan fisik yang kuat, Anda tetap memerlukan perlengkapan touring motor yang komplit sebelum berangkat. Perlengkapan bukan hanya berupa alat-alat untuk mengatasi kendala pada mesin motor, tetapi juga berupa kelengkapan dokumen resmi dan hal yang mendukung perjalanan Anda. Beberapa di antaranya ada pada poin-poin di bawah ini.

Surat-Surat Kendaraan

Menjadi pemilik kendaraan mengharuskan Anda secara legal memiliki dokumen kepemilikan. Untuk mendukung kelancaran touring Anda, pastikan surat kendaraan yang Anda bawa lengkap dan sudah taat pajak.

Bawa Cadangan Ban

Membawa ban cadangan menjadi salah satu tips ampuh ketika berkendara jarak jauh. Pasalnya, ban merupakan komponen berpengaruh yang bisa menentukan motor Anda berjalan lancar atau tidak. Bahkan motor yang hendak dibawa ke bengkel akibat mesin bermasalah pun akan jauh lebih sulit jika kondisi ban tidak baik. Bawalah ban dalam cadangan ketika ingin pergi touring. Bagi yang menggunakan ban tubeless, bawalah alat tambal ban kemanapun Anda pergi. 

Bawa Peralatan Darurat 

Ada beberapa alat atau yang lebih dikenal dengan sebutan tool kits yang penting untuk dibawa ketika pergi touring. Para bikers sejati pastinya tidak asing lagi dengan peralatan ini. Lagipula, alat-alat ini tidak sulit dan sangat ringkas untuk dibawa. Beberapa alat yang bisa disiapkan mulai dari kunci 10, kunci 12, tang, obeng, hingga kunci busi.

Bawa Tas Secukupnya

Bepergian menggunakan motor berarti ada keterbatasan ruang bagi Anda untuk membawa barang. Oleh karena itu, pastikan Anda membawa perlengkapan dengan tas senyaman dan secukupnya. Bila perlu, bawalah tas yang muat untuk banyak barang tetapi tetap nyaman untuk digunakan. Jangan lupa untuk membawa pakaian cadangan mengingat perjalanan jarak jauh bisa menghabiskan waktu yang lama.

Bawa Jas Hujan

Tips penting ketika melakukan perjalanan jarak jauh salah satunya adalah menyiapkan diri dengan keadaan alam seperti cuaca buruk. Bahkan, Anda tak harus menempuh jarak yang jauh seperti touring untuk membawa jas hujan. Menjadi pengguna sepeda motor, jas hujan termasuk sebagai salah satu perlengkapan wajib bawa setiap berkendara.

Jaket, Sepatu, dan Helm Standar SNI

Perlengkapan terakhir yang setidaknya harus Anda punya dan kenakan ketika berkendara sepeda motor adalah jaket, sepatu, serta helm berstandar SNI. Standar Nasional Indonesia (SNI) diuji dan ditetapkan secara legal oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN). Artinya, alat atau benda yang berlabel SNI memiliki spesifikasi teknis yang berkualitas dan telah terbukti aman. Sesuai dengan tujuan dari standar tersebut, penggunaan jaket, sepatu, dan helm standar SNI akan memberikan keamanan yang lebih maksimal ketika berkendara sepeda motor. Musibah memang tidak ada yang tahu, terkadang, Anda bisa ikut celaka bila pengendara lain hilang fokus atau kendali saat berkendara di sekitar Anda sekalipun Anda sendiri telah berhati-hati. Oleh sebab itu, Anda tidak bisa meremehkan poin satu ini guna menjaga Anda terhindar dari luka berat akibat kecelakaan lalu lintas.

Exit mobile version